Harian Aceh Indonesia
HARIANACEH.co.id

Waria Resahkan Warga Gayo Lues, Satpol PP: Belum Ada Payung Hukum Penangkapan

Blangkejeren – Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasatpol PP) Gayo Lues Irsan Firdaus mengatakan, meskipun keberadaan waria (wanita pria) di Gayo Lues semakin meresahkan masyarakat, namun pihaknya belum bisa memberi tindakan karena hingga saat ini belum ada payung hukum untuk itu.

“Masalah waria ini belum ada kententuan hukum yang bisa menjadi pegangan bagi pihak satpol-PP, kami berharap ada qanun dari pemerintah daerah untuk menindak Waria apa bila sedang berduan dengan sesama jenisnya di tempat yang sunyi,” kata Kasatpol PP Irsan Firdaus didampingi Kabid Penegakan Kebijakan Daerah dan Syariat Islam (WH) Amsarullah, kasi Penindakan dan Pelayanan Pati Ambang kepada pers di Belamg Kejeren, Gayo Lues, 8 januari 2019 lalu.

Kata Irsan, Keberadaan waria saat ini memang sudah sangat meresahkan dan beberapa kali dilaporakan masyarakat secara lisan kepada pihak Satpol-PP, namun belum ada tindakan.

“Berdasarkan laporan yang kami terima memang keberadaan waria cukup meresahkan warga Gayo lues saat ini, kami juga sudah beberapa kali menerima laporan masyarakat tentang keberadaan Waria yang berkeliaran di wilayah Gayo lues,”. kata irsan.

Ihsan juga menjelaskan apabila pihaknya tidak bisa menangkap waria walau mekeda sedang berduaan, karena mereka sama-sama Pria.

“Kecuali mereka ketahun berduaan dan melakukan hubungan maka mereka akan terjerat pasal 63 ayat 1,” tambah Kabid WH Amsarullah.

Ditempat terpisah, terkait masalah Waria yang meresahkan tersebut, Bupati Kabupaten Gayo Lues H. Muhammad Amru mengakui apabila sejauh ini tidak ada payung hukum bagi pemerintah daerah untuk menindak para waria, namun hanya bisa melakukan pembinaan supaya mereka kembali seperti selayaknya pria.

“Upaya yang kita lakukan akan membina mereka yang ketahuan untuk kembali menjadi laki-laki normal,” kataBupati Amru.| Hamsani.

Beri Komentar
Loading...

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. TerimaSelengkapnya