Harian Aceh Indonesia
HARIANACEH.co.id

Advertisement

Satpol PP Aceh Utara Tertibkan APK, Ketua Panwaslih: Karena Melanggar Aturan…

Lhoksukon- Satuan Polisi Pamong Praja dan Wilayatul Hisbah (Satpol PP-WH) Aceh Utara bersama Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) di-“back up” personil Polres Aceh Utara kabupaten setempat, melakukan penertiban terhadap alat peraga kampanye (APK) di Lhoksukon, Senin (28/1/2019).

Ketua Panwaslih Aceh Utara Yusriadi mengatakan, penertiban APK berupa spanduk dan baliho tersebut karena tidak sesuai penempatannya.

Advertisement

Advertisement

“Penempatan APK yang ditertibkan itu karena tidak sesuai dengan aturan pemilu. Yang menertibkan APK itu adalah Satpol PP, sementara kita hanya merekomendasikannya,” kata Yusriadi dihubungi di Lhoksukon.

Yusriadi menyebutkan, sebelum penertiban dilakukan pihaknya, beberapa APK ada juga yang ditertibkan sendiri tim caleg. Karena sebelumnya, Panwaslih telah menyurati parpol peserta pemilu soal APK itu sendiri.

APK yang ditertibkan tadi, merupakan APK yang dipasang di antaranya di tugu, tiang listrik, pohon, jembatan, trotoar atau taman kota dan terminal.

Dia mengatakan, penertiban APK ini akan dilakukan secara bertahap ke sejumlah kecamatan lainnya di Aceh Utara.

Disebutkan, pemasangan APK Caleg telah diatur secara pada peraturan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Nomor 23 Tahun 2018, bahkan dalam pasal 34 ayat 5 disebutkan, pemasangan alat peraga kampanye itu harus mempertimbangkan etika, estetika, kebersihan, dan keindahan kota atau kawasan setempat sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Secara terpisah, Kepala Satpol PP-WH Aceh Utara, Fuad Muhktar mengatakan, ada sekitar seratusan lebih APK yang ditertibkan pagi tadi. “Untuk APK itu sendiri sudah kita serahkan ke Panwaslih,” pungkasnya.[]

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Beri Komentar
Loading...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. TerimaSelengkapnya