Harian Aceh Indonesia
HARIANACEH.co.id

Advertisement

Luapan Air Sungai Rendam Sejumlah Rumah Warga di Manggeng

BLANGPIDIE – Hujang deras yang mengujur Kecamatan Lembah Sabil dan Manggeng Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) pada Kamis (31/1/2019) subuh  hingga pukul 8.00 WIB menyebabkan debit air sungai Kreung Manggeng meluap. Akibatnya, sejumlah rumah warga di rendam air.

Ermiwati (40) warga Gampong Sejahtera Kecamatan Manggeng, kepada Harianaceh.co.id mengungkapkan, hujan deras yang terjadi selama beberapa jam mengakibatkan sejumlah rumah warga di  Desanya direndam banjir.

Advertisement

Advertisement

“Banjir seperti ini memang sudah sering terjadi di Desa kami, padahal hujan tidak lama, hanya beberapa jam saja, tapi air tetap mengenan di halaman dan dalam rumah warga,” tuturnya.

Belum lagi tambahnya,  jika hujan lebat yang terjadi dalam kurun waktu lama, kondisi air bertambah parah dari saat ini. “ Kalau lama hujannya, kami disini sudah siap-siap mengangkat barang ke tempat yang lebih tinggi dalam rumah agar tidak disentuh oleh air,” keluh Ermiwati yang ikut di benarkan oleh warga lainya.

Sambungnya, air yang merendam rumahnya dan sekitar disebabkan oleh luapan Air Sungai Krueng Manggeng. “ Kalau air sungai mulai naik, tentu langsung meluap kerumah warga, karena tidak ada tanggul penahan di pingir sungai,” ulas Ermiwati.

Menurut Dia, Kondisi tersebut tidak saja terjadi di Gampong Sejahtera namun juga terjadi di Padang Makmur. “Kalau air disini sudah mulai naik, di Gampong Padang Makmur juga berimbas malah disana lebih parah, karena kawasan tersebut lebih rendah dari Desa kami,” tuturnya.

Ermiwati berharapa  kepada Pemerintah untuk segera menagtisipasi persoalan yang mereka hadapi saat ini sehingga saat hujan turun baik malam dan siang hari mereka tidak merasa gundah dan was-was.

“Kalau hujan lebat terjadi pada malam hari kami disini tidak tidur lagi, karena takut air akan merendam rumah kami, untuk itu kami bermohon kepada Pemerintah, baik di Kabupaten maupun Gampong untuk segera mungkin menanggulangi masalah tersebut,” demikian pintanya.[]

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Beri Komentar
Loading...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. TerimaSelengkapnya