Rabu, 19 Februari 2020
Rabu, 19 Februari 2020

Medan Diguncang Gempa Dangkal Magnitudo 2,2

MEDAN – Wilayah Kota Medan dan sekitarnya kembali diguncang gempa tektonik dangkal dengan magnitudo 2,2 pada Minggu (22/9/2019) malam.

Berdasarkan data dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa terjadi pukul 22.43 WIB. Pusat gempa berada pada koordinat 3.39 LU dan 98.58 BT, tepatnya di 23 km Utara Berastagi, Kabupaten Karo, Sumatera Utara pada kedalaman 2 km.

“Ditinjau dari kedalaman hiposenter, gempabumi ini merupakan gempabumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal yang menyebabkan terjadi deformasi batuan, sehingga memicu terjadinya gempabumi,” ujar Kepala BMKG wilayah I-Medan, Edison Kurniawan dalam keterangan tertulisnya.

BACAAN LAINNYA

Berdasarkan informasi warga, intensitas guncangan gempa tersebut dirasakan di Medan II-III MMI. “Hingga laporan ini disusun, belum ada laporan kerusakan maupun korban,” kata dia menambahkan.

Hingga pukul 23.09 WIB, sudah dua kali terjadi gempa bumi di wilayah Medan. Yakni pada petang tadi dengan magnitudo 2,8 dan berpusat di Deliserdang dan pada pukul 22.43 WIB tadi.

“Sejauh ini analisis kita kalau ini masih karena aktivitas sesar lokal. Belum ada indikasi khusus. Tapi terus kita pantau. Kita harap masyarakat tenang dan terus mengikuti informasi dari BMKG dan arahan dari Badan Penanganan Bencana Daerah (BPBD),” tandasnya.

(put)

Sumber: Okezone

Loading...

BERITA LAINNYA

Selanjutnya

KOMENTAR

jasa seo terbaikcheap smm panelTraffic Bot