Kamis, 20 Februari 2020
Kamis, 20 Februari 2020

5 Tahun Kucurkan Rp329,8 Triliun, Ini 3 Arahan Jokowi Terkait Dana Desa

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerangkan bahwa pemerintah telah mengucurkan Rp329,8 triliun dalam kurun lima tahun terakhir untuk program dana desa. Ia pun menilai jumlah tersebut sangat besar dan akan terus bertambah guna kemajuan desa di Tanah Air.

“Saya catat, dana desa yang dialokasikan APBN selama kurang lebih 5 tahun Rp329,8 T. Sebuah angka yang sangat besar, dan dana desa akan terus meningkat,” kata Jokowi dalam rapat terbatas ‘Penyaluran Dana Desa Tahun 2020’ di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (11/12/2019).

Kepala Negara menerangkan, pemerintah menggelontorkan anggaran untuk dana desa sebesar Rp72 triliun untuk 2020. Angka ini Rp2 triliun lebih besar dari dana desa 2019 yang mencapai Rp70 triliun.

“Dengan jumlah yang meningkat, saya ingatkan penyalran efektif dan memiliki dampak signifikan pada desa, terutama percepatan pengembangan, industri perdesaan dan mengurangi kemiskinan,” imbuhnya.

BACAAN LAINNYA

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga menyampaikan tiga arahannya terkait penggunaan dana desa. Pertama, pemetaan dana desa harus dimulai awal tahun.

“(Tahun) 2020 Januari sudah bisa dimulai. utamakan program yang padat karya, dan berikan kesempatan kerja bagi mereka yang miskin di desa,” ujarnya.

Presiden Jokowi (Foto: Setneg RI)

Kedua, Jokowi ingin penggunaan dana desa harus mulai diarahkan kepada sektor-sektor produktif mulai dari pengolahan pascapanen, industri kecil di desa, budidaya perikanan, desa wisata, dan industrilaisasi pedesaan.

“Ini juga harus sudah dimulai karena ini penciptaan lapapangan kerja besar-besaran. Bumdes harus revitalisasi jadi penggerak ekonomi di desa,” papar dia.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga menyampaikan bahwa saat ini terdapat 2.188 Bumdes yang ada di desa-desa. Namun, sebanyak 1.670 Bumdes beroperasi namun tidak memberikan kontribusi pada pendapatan desa.

“Ini tolong menjadi catatan. Saya juga minta Bumdes di-scaling up (meningkatkan skala usaha), mulai disambungkan, mulai diintegrasikan dengan supply chain nasional dan bisa melakukan kemitraan dengan sektor-sektor swasta besar dan mulai dibuka channel distribusi sehingga produk unggulan di desa bisa masuk ke marketplace, baik marketplace nasional maupun global marketplace,” tuturnya.

Sedangkan, arahan ketiga, Jokowi meminta penggunaan dana desa manajemennya diperbaiki sekaligus diberi pendampingan lapangan. Sehingga tata kelola dana desa semakin baik. “Semakin akuntabel dan transparan dan pelibatan partisipasi warga desa dalam pengawasan dana desa sangat diperlukan,” tandasnya.

Sumber: Okezone

Loading...

BERITA LAINNYA

Selanjutnya

KOMENTAR

jasa seo terbaikcheap smm panelTraffic Bot