Kamis, 20 Februari 2020
Kamis, 20 Februari 2020

6 Risiko Profesi Pramugari, Nomor 1 Rentan Jadi Korban Pelecehan

PROFESI pramugari menjadi salah satu pekerjaan yang diidam-idamkan oleh kaum hawa. Selain terlihat seru karena bisa jalan-jalan ke berbagai daerah bahkan keliling dunia, pekerjaan pramugari juga menjanjikan gaji yang lumayan tinggi.

Meski demikian menjadi pramugari tidaklah selamanya menyenangkan, sebab terdapat banyak risiko berbahaya yang mengintai para pramugari saat menjalankan tugas. Apa saja risiko tersebut, dikutip dari cheatsheet, berikit ulasanya:

1.Pelecehan Seksual 

Ilustrasi. Foto: Istimewa

BACAAN LAINNYA

Pelecehan seksual terhadap pramugari menjadi risiko yang paling disorot akhir-akhir ini. Kebanyakan dari mereka mengaku mendapatkan kontak fisik yang tidak diinginkan kala bertugas. Ada yang didorong, atau bahkan disentuh oleh tangan-tangan jahil para penumpang.

2. Jam Kerja Padat

Ilustrasi. Foto: Istimewa 

Bekerja sebagai pramugari bukanlah hal yang mudah, sebab mereka akan terjebak dalam penerbangan yang membuat awak kabin pesawat ini tidak bisa tidur dan terkadang mesti melewatkan libur akhir pekan jika kebetulan mendapatkan tugas terbang.

Pramugari cuma dapat waktu tidur 6-7 jam sebelum kembali bertugas melayani penumpang di pesawat. Mirisnya pramugari pemula akan mendapatkan gaji yang rendah meski jam kerjanya padat.

3.Berisiko Terkena Kanker

Pramugari akan berisiko terkena radiasi kosmik yang berbahaya bagi kesehatan. Pesawat akan melewati partikel yang tak terlihat namun bermuatan sangat tinggi saat melintas di atmosfer bumi.

Kerusakan yang disebabkan oleh sinar kosmik telah dikaitkan dengan kanker. Bahaya menjadi pramugari lebih besar dari teknisi sinar-x dan pekerja tenaga nuklir, namun lebih kecil risikonya dibandingkan menjadi astronot.

4.Masalah Kesuburan 

Bekerja pada jam tidur normal akan mengganggu alur sirkadian dalam diri seseorang. Pada wanita ritme ini mengatur siklus menstruasi dan hormon kehamilan. Bekerja lembur apalagi itu mengharuskan terbang lintas negara, serta paparan sinar kosmik dapat memengaruhi kesuburan. Selain itu pramugari juga memiliki risiko keguguran yang jauh lebih besar.

5.Penumpang yang Agresif

Tak hanya kekerasan seksual, namun kekerasan fisik pun kerap dialami pramugari saat menjalankan tugasnya di udara. Salah satu buktinya pada Maret 2018 seorang penumpang yang agresif memukul pramugari dalam penerbangan dari Florida menuju Texas.

6.Mengatasi Penumpang Mabuk 

Tak bisa dipungkiri penumpang mabuk kerap membuat kekacauan di dalam pesawat. Nah salah satu tugas pramugari adalah mengatasi penumpang yang mabuk agar tidak mengganggu penumpang lain, ataupun menghambat jalannya penerbangan.

Sumber: Okezone

Loading...

BERITA LAINNYA

Selanjutnya