Senin, 17 Februari 2020
Senin, 17 Februari 2020

Selena Gomez Ungkap Obat Antidepresan Mengubah Hidupnya

Selena diketahui sudah cukup lama bergelut dengan depresi.

JAKARTA — Bintang internasional Selena Gomez mengungkapkan bahwa ia sempat melalui masa-masa sulit akibat masalah kesehatan mental yang ia alami. Namun penggunaan obat-obatan yang tepat sesuai dengan anjuran dokter berhasil membantunya untuk bangkit kembali.

Selena diketahui sudah cukup lama bergelut dengan depresi. Depresi dapat membuat Selena suasana hati Selena sangat buruk hingga berminggu-minggu.

Lebih dari enam tahun terakhir ini, Selena secara rutin menjalani terapi dengan psikiater untuk mengatasi depresinya. Selena merasakan perubahan yang sangat signifikan setelah dia akhirnya mendapatkan obat antidepresan yang sesuai.

BACAAN LAINNYA

“Saya mendapatkan obat yang tepat dan hidup saya sudah benar-benar berubah,” jelas Selena, seperti dilansir Yahoo! Style.

Obat antidepresan memang merupakan salah satu modalitas terapi untuk depresi. Belum diketahui secara jelas bagaimana sebenarnya obat ini bekerja. Akan tetapi, obat antidepresan dinilai meningkatkan kadar neurotransmitter dan sebagian dari neurotransmitter ini berkaitan dengan suasana hati.

Meski membantu, obat antidepresan tidak dapat melawan penyebab depresi yang dimiliki pasien. Alasannya, depresi tidak selalu berkaitan dengan ketidakseimbangan kimia di otak tetapi juga bisa dipengarhui oleh banyak faktor seperti keretakan hubungan, masalah uang hingga kesehatan.

Studi mengungkapkan bahwa antidepresan efektif bila digunakan pada kasus depresi sedang hingga berat. Pada kasus depresi ringan, obat antidepresan biasanya baru direkomendasikan bila pendekatan lain seperti olahraga atau sesi terapi bicara tidak membantu.

Banyak orang menduga bahwa penggunaan antidepresan dapat menyebabkan kenaikan berat badan. Sebaliknya, penggunaan antidepresan cenderung tidak menyebabkan kenaikan berat badan.

Apapun jenis yang digunakan, dokter biasanya akan memberikan obat antidepresan dalam dosis terkecil namun tetap dapat memberikan efek bagi pasien. Sebagian besar antidepresan perlu digunakan selama satu hingga dua minggu sebelum pasien mulai merasakan adanya peningkatan suasana hati. Pasien perlu berkonsultasi dengan psikiater bila tidak ada perubahan setelah empat minggu menggunakan antidepresan.

Sumber: Republika

Loading...

BERITA LAINNYA

Selanjutnya

KOMENTAR

jasa seo terbaik