Banda Aceh – Era 4.0 (baca: four point zero) menjadi hal penting bagi bank plat merah di ujung Sumatera itu (Bank Aceh Syariah) untuk terus berkiprah dan bersaing di tengah persaingan ekonomi. Maka, Era digital menjadi ujung tombak pembuktian bagi Bank Aceh kepada para nasabahnya dengan berupaya maksimal memanjakan, mempermudah serta meningkatkan mutu pelayanan dengan memberikan akses keuangan nasabah yang lebih mudah melalui mobile banking.
Dalam keterangan tertulis yang diterima HARIANACEH.co.id, Senin 9 November 2020, Direktur Utama Bank Aceh Syariah, Haizir Sulaiman menyebutkan bahwa Mobile banking yang diluncurkan diberi nama ‘ACTION’ yang juga merupakan singkatan dari Aceh Transaction Online dan ini menjadi terobosan dalam rangka memperluas dan memenuhi kebutuhan pasar.
Ia juga menambahkan, kata dia, hadirnya ACTION adalah upaya menjawab kebutuhan pasar dan merupakan bentuk perhatian yang sangat tinggi dari para pemegang saham yaitu Gubernur Aceh, Bupati dan Walikota seluruh Aceh yang terus memantau progres dari finalisasi ACTION ini.
“Dalam masa pandemi Covid-19, Bank Aceh telah bekerjasama dengan PT. Infosys Solusi Terpadu (IST) dalam melakukan transformasi digital banking yaitu mobile banking ‘ACTION’ (Aceh Transaksi Online) PT. Bank Aceh Syariah yang telah tersedia dalam platform android maupun iOs,” ungkap Haizir Sulaiman.
Sambungnya lagi bahwa, Aplikasi mobile banking ‘ACTION’ ini berbasis online, real time dan dapat memperluas jaringan pelayanan.
“Aplikasi mobile banking ACTION ini menggunakan basis online, real time dan dengan aplikasi ini tentu dapat memperluas jaringan pelayanan sehingga masyarakat tidak perlu ke Bank lagi untuk melakukan transaksi sehari-hari dan dapat melakukan pembayaran tanpa uang tunai (cashless payment),” sambung Haizir Sulaiman.
Dengan inovasi digital yang dihadirkan dapat memudahkan masyarakat dalam mengakses keuangan dengan lebih mudah dan biaya ringan.
“Dengan inovasi ini dapat meningkatkan pelayanan prima yang bisa menciptakan kepuasan bagi nasabah,” kata Haizir lagi.
Inovasi Digital ACTION Lebih Efesien
Haizir Sulaiman juga menilai bahwa orientasi pasar saat ini lebih kepada pemanfaatan teknologi digital, dengan begitu, maka inovasi ini dapat lebih efisien bagi nasabah.
Direktur Utama Bank Aceh Syariah kemudian juga menambahkan, kata dia, Mobile banking ‘ACTION’ ini memiliki fitur untuk layanan non-transaksional, layanan cek saldo, mutasi rekening, histori transaksi dan layanan Islami seperti jadwal shalat dan kiblat.
“Ada fitur-fitur yang menarik dan mempermudah para nasabah seperti dalam beribadah karena di aplikasi itu ada fitur jadwal shalat dan fitur arah kiblat,” urai Haizir Sulaiman.
Mobile banking ‘ACTION’ juga memiliki layanan transaksional yang cukup lengkap yang terbagi menjadi:
- Transfer (antar Bank Online, antar rekening Bank Aceh, transfer via QR antar rekening Bank Aceh).
- Pembayaran (zakat, infaq, e-setor, samsat Aceh, pendidikan).
Sebelum diluncurkan, tambah Haizir lagi, aplikasi ACTION ini juga sudah melalui beberapa fase percobaan guna mengantisipasi kendala-kendala yang dihadapi ketika Mobile Banking Bank Aceh ini digunakan oleh seluruh nasabah.
“Alhamdulillah kendala-kedala tersebut dapat diminimalisir sehingga kami baru dapat merilisnya di bulan November ini dan aplikasi Action ini sudah bisa di download di PlayStore untuk pengguna Android dan AppStore untuk pengguna iOS,” tambah Haizir Sulaiman.
Bank Aceh Syariah akan terus mengembangkan mobile banking ACTION untuk meningkatkan layanan digital perbankan agar dapat terus berkelanjutan digunakan manfaatnya oleh seluruh nasabah dalam memenuhi kebutuhan nasabah.
“Layanan dengan menambah akses keuangan nasabah yang lebih mudah melalui mobile banking,” tutup Direktur Utama PT. Bank Aceh Syariah itu.[]