Jumat, 26/04/2024 - 00:35 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EKONOMIPERTANIAN

Wapres Tinjau Program Integrated Farming Jagung Kedelai di Purwakarta

ADVERTISEMENTS

Program ini menggunakan pola tanam tumpang sari jagung dan kedelai di antara jati.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

 JAKARTA–Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin meninjau lokasi penanaman jagung dan kedelai dalam rangka program integrated farming di Desa Ciparung Sari, Kecamatan Cibatu, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, Senin (28/3/2022).

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Dalam peninjauan kali ini, Wapres mendengarkan paparan Dirjen Tanaman Pangan Kementerian Pertanian Suwandi tentang gambaran umum lahan dan varietas-varietas yang ditanam. Termasuk metode penanaman yang dilakukan menggunakan metode tumpang sari.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

 

ADVERTISEMENTS

“Pola tanam tumpang sari. Sekarang ada pohon jati, di antara jati ditanam jagung dan kedelai, sudah disiapkan,” kata Suwandi dalam siaran pers, Senin (28/3/2022).

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Ia mengatakan, pola sisip tanam jagung dan kedelai ini membuat ada beberapa varietas yang dipanen dalam setahun. “Hamparan sudah dibuka 5 hektare siap ditanam jagung dan kedelai, total 52 hektar,” lanjut Suwandi.

Berita Lainnya:
Kementan Sebut tak Pernah Persulit Izin Impor Melalui RIPH

Usai menerima laporan, Wapres kemudian ikut menanam jagung hibrida varietas Pioner P35 yang merupakan jenis jagung dengan ketahanan genetis alami terhadap penyakit bulai. Ketahanan ini dapat menjadi nilai tambah bagi petani karena menghemat biaya produksi.

 

Sementara benih kedai yang ditanam merupakan varietas Anjasmoro. Saat menanam, Wapres didampingi oleh Wakil Menteri Pertanian Harvick Hasnul Qolbi, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika, dan salah seorang perwakilan dari jajaran pengurus Yayasan Dewa Dewi Indonesia.

 

Selanjutnya, Wapres melakukan penyerahan bantuan sarana produksi pertanian dari Kementerian Pertanian serta hewan ternak kepada 6 orang perwakilan Petani Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH). Ke-enam perwakilan tersebut diantaranya Ketua Gapoktan Sinar Tani Desa Ciparungsar Adung Kuswara, Ketua Poktan Wanakarya Desa Karyamekar Tjetje, Ketua Gapoktan Cinta Tani Desa Cisaat Arya, Ketua Poktan Jembar Harapan II Desa Ciparungsari Mulyana, Ketua LMDH Mandalawangi Desa Cimahi Dadang, dan Ketua KTNA Kabupaten Purwakarta Ujang Alim.

Berita Lainnya:
Arus Balik, Perbatasan Entikong Dilintasi 13 Ribu Orang

Penanaman jagung dan kedelai perdana di lahan ini merupakan kerjasama antara Yayasan Dewa Dewi Dedi Indonesia dengan Kementerian Pertanian, Pemerintah Kabupaten Purwakarta dan Perum Perhutani.

Seluruh sarprotan (benih, pupuk, insektisida, alsintan, pompa air dan perpipaan, dryer untuk pasca panen, biaya pengolahan tanah) disiapkan oleh Kementerian Pertanian, lahan disiapkan Perhutani,  petani  pengelola tergabung dalam Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) dan Gapoktan di sekitar kawasan hutan.


 

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi