Jumat, 26/04/2024 - 00:56 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Kemensos Kembali Salurkan Alat Bantu ke Penyandang Disabilitas

ADVERTISEMENTS

Jumlahnya minimal sama dengan tahun lalu, yakni 5.900 an alat bantu.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

 JAKARTA — Kementerian Sosial (Kemensos) pada 2022 akan kembali menyalurkan alat bantu ke penyandang disabilitas. Jumlahnya minimal sama dengan alat bantu yang disalurkan ke difabel tahun 2021. “Minimal sama dengan tahun lalu, kalau tahun lalu itu kan 5.900 lebih,” kata Sekretaris Jenderal Kemensos Harry Hikmat dalam rapat koordinasi nasional mengenai pemenuhan hak penyandang disabilitas yang diikuti dari Jakarta, Selasa (5/4). 

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA


“Tapi tahun ini, sebenarnya Ibu Mensos Risma berharap bisa (memberikan) sampai 10 ribu alat bantu,” ujarnya menambahkan.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah


Ia mengatakan, penggunaan alokasi dana Rp 60 miliar untuk penyediaan alat bantu bagi penyandang disabilitas akan disesuaikan dengan ketersediaan alat bantu, seperti motor roda tiga yang dirakit oleh penyandang disabilitas. “Paling tidak alat bantu motor roda tiga untuk niaga, kemudian kursi roda elektrik, adaptif, dan juga sensoric air untuk netra. Itu tiga kategori besar untuk penyediaan alat bantu di luar untuk penyediaan alat bantu yang ada,” katanya.

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Kemensos Bantu Berdayakan Lansia Lewat Agrowisata di Sentra Terpadu


Harry mengatakan bahwa 87 persen alat bantu yang disediakan bagi penyandang disabilitas pada 2021 sudah disalurkan. Penyaluran sisa alat bantu yang masih ada di balai-balai di bawah Kemensos akan dituntaskan bulan ini. 

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil


Menurut dia, penyaluran alat bantu terhambat karena pengiriman alat bantu yang diimpor mengalami keterlambatan. Sehingga dibutuhkan tambahan waktu untuk menyelesaikan perakitan alat dan penyesuaian alat dengan kondisi penyandang disabilitas.

Berita Lainnya:
Kelakar Prabowo: Kalau Ingin Jadi Presiden, Harus Tidur di Paviliun 5A


“Kadang kita harus menyesuaikan lagi customize-nya itu, seperti misalkan kursi roda untuk adaptif itu benar-benar kita harus pastikan ukurannya. Kemudian panjang dudukan kaki harus diukur dan dimodifikasi lagi di bengkel balai, itu jadi butuh waktu,” katanya. Ia mengatakan bahwa saat ini kementerian dalam proses mempersiapkan penyediaan alat bantu bagi penyandang disabilitas untuk penyaluran tahun 2022.


 

sumber : Antara

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi