IndonesianArabicEnglishRussianGermanChinese (Simplified)JapaneseTurkish

Austria Usir 4 Diplomat Rusia

Italia telah mengusir 30 diplomat Rusia dengan alasan masalah keamanan.

Keempat diplomat Rusia melakukan tindakan yang tidak sesuai dengan status mereka.

 WINA — Austria memutuskan mengusir empat diplomat Rusia. Tiga diplomat di antaranya merupakan pegawai di Kedubes Rusia di Wina dan satu lainnya adalah pegawai di Konsulat Jenderal Rusia di Salzburg.


“Kementerian Luar Negeri Austria mengumumkan pencabutan status diplomatik tiga pegawai kedutaan Rusia di Wina dan satu pegawai Konsulat Jenderal Rusia di Salzburg,” kata Menteri Luar Negeri Austria Alexander Schallenberg dalam sebuah pernyataan, dikutip laman kantor berita Rusia, TASS, Kamis (7/4/2022).


Menurut dia, keempat diplomat Rusia itu telah melakukan tindakan yang tidak sesuai dengan status diplomatik mereka. “Oleh karena itu, (mereka) dinyatakan tidak diinginkan (persona non-grata) sesuai dengan Pasal 9 Konvensi Wina tentang Hubungan Diplomatik,” ucapnya.


Schallenberg mengatakan, keempat diplomat Rusia itu harus meninggalkan Austria paling lambat pada 12 April mendatang. Dalam sebuah wawancara dengan saluran ORF2 pada Rabu (6/4), Schallenberg mengungkapkan bahwa Austria tidak akan mengusir diplomat Rusia tanpa alasan. Pengusiran hanya akan dilakukan jika terdapat bukti bahwa diplomat terkait melanggar ketentuan Konvensi Wina tentang Hubungan Diplomatik.

BACAAN LAIN:
Washington Siapkan Bantuan Senilai 2 Miliar Dolar AS untuk Ukraina


Merespons pengusiran empat diplomatnya, Rusia menyatakan akan mengambil langkah balasan terhadap Austria. “Rusia akan memberikan tanggapan yang tepat,” kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia Maria Zakharova.


Sebelumnya sejumlah negara Eropa seperti Italia, Denmark, Prancis, dan Jerman telah terlebih dulu mengusir diplomat Rusia. Pengusiran dilakukan sebagai bentuk protes atas masih berlanjutnya agresi Rusia di Ukraina. Alasan lainnya, diplomat-diplomat Rusia yang diusir dituding sebagai agen intelijen.

BACAAN LAIN:
Jerman Amankan Lebih Banyak Mineral Penting dalam Tur Amerika Selatan

Sumber: Republika

0
senang
Senang
0
sedih
Sedih
0
terganggu
Terganggu
0
terkejut
Terkejut
0
parah
Parah
Austria Usir 4 Diplomat Rusia
Login

Halaman Login/Daftar Harian Aceh Indonesia, jika belum punya akun silahkan buat akun sekarang untuk memanfaatkan keistimewaannya, dan sepenuhnya gratis!

Pengcard Bank Aceh Syariah