Jumat, 26/04/2024 - 06:02 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ACEH

TikTok Dijuluki 'Toko Permen' yang Perpendek Rentang Atensi Anak

ADVERTISEMENTS

Akses terhadap medsos, terutama TikTok, berpotensi memperpendek rentang atensi anak.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

  JAKARTA — Akses media sosial, terutama TikTok, kemungkinan bisa berdampak negatif pada rentang perhatian anak. Hal tersebut diungkap dalam laporan terkini di Wall Street Journal. TikTok dijuluki ‘toko permen’ yang memperpendek rentang atensi anak.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Makalah ini adalah salah satu dari beberapa penelitian yang menguji efek TikTok pada otak. Tim peneliti berusaha mencermati bagaimana video yang dipersonalisasi memengaruhi pusat penghargaan di otak. Dampaknya dibandingkan dengan video minat umum.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Aktivitas yang membutuhkan perhatian berkelanjutan, seperti membaca dan mengerjakan soal matematika, menggunakan bagian otak yang sama. Area itu bertanggung jawab untuk pengambilan keputusan dan kontrol impuls, yang dikenal sebagai korteks prefrontal.

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Pj Wali Kota Banda Aceh Serahkan LKP 2023 ke DPRK

TikTok, yang dikenal sebagai Douyin di pasar asalnya, memulai debut di China pada September 2016. Platform itu menjadi kanal berbagi video berdurasi pendek, terutama untuk sinkronisasi bibir dan video menari, serta menjadi aplikasi yang paling banyak diunduh pada 2019.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Berdasarkan tinjauan peneliti, TikTok menggunakan algoritma untuk mempersonalisasi feed video tiap pengguna berdasarkan waktu menonton serta jenis video apa yang kerap disimak. Deretan video yang muncul di feed akan memiliki konten serupa.

Itu menjadi penyebab mengapa sebagian pengguna sukar mengendalikan kapan harus berhenti menonton. Pemindaian pencitraan resonansi magnetik (MRI) otak peserta studi yang menonton video dipersonalisasi itu terpantau sangat aktif pada bagian kecanduan.

Berita Lainnya:
Tokopedia: Proses Migrasi TikTok Sudah Rampung Sesuai Permendag 31

Otak melepaskan neurotransmitter dopamine ketika mengantisipasi “hadiah”. Aliran dopamin membuat seseorang menginginkan lebih, entah itu makanan lezat atau menyimak video TikTok yang viral.


“TikTok adalah mesin dopamin,” ujar dokter anak sekaligus direktur di Pusat Penemuan Membaca & Literasi di Rumah Sakit Anak Cincinnati, John Hutton, dikutip dari laman Fox News, Jumat (8/4/2022).

Penelitian baru tersebut juga menunjukkan bahwa jenis video pendek dan cepat yang kini kerap disimak anak-anak di TikTok menjadi penyebab mengapa mereka berjuang untuk berpartisipasi dalam kegiatan jangka panjang. Itu ada kaitannya dengan apa yang disebut perhatian terarah.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi