Sabtu, 20/04/2024 - 03:14 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EKONOMIGLOBAL

Waduh, FBI Sebut Hacker Korut Curi Kripto Senilai Rp 8,606 Triliun Sekali Retas

ADVERTISEMENTS

Uang kripto tersebut dicuri dari sebuah perusahaan video game.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

WASHINGTON — Biro Investigasi Federal Amerika Serikat atau FBI menyalahkan peretas atau hacker yang terkait dengan pemerintah Korea Utara (Korut). FBI menuding hacker Korut mencuri mata uang kripto senilai lebih dari 600 juta dolar AS atau setara Rp 8,606 triliun (kurs Rp 14.344 per dolar AS) dari sebuah perusahaan video game.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

“Melalui penyelidikan kami, kami dapat mengonfirmasi Lazarus Group dan APT38, aktor siber yang terkait dengan DPRK, bertanggung jawab atas pencurian 620 juta  dolar di Ethereum yang dilaporkan pada 29 Maret,” kata FBI dalam sebuah pernyataan dikutip dari CNN, Jumat (15/4/2022).

ADVERTISEMENTS

Kemudian ini merupakan peristiwa terbaru dalam serangkaian perampokan dunia maya yang dikaitkan dengan Pyongyang. DPRK sendiri adalah singkatan dari nama resmi Korea Utara, Republik Rakyat Demokratik Korea, dan Ethereum adalah platform teknologi yang terkait dengan jenis mata uang kripto.

FBI mengacu pada peretasan jaringan komputer baru-baru ini yang digunakan oleh Axie Infinity, sebuah video game yang memungkinkan pemain mendapatkan cryptocurrency. Sky Mavis, perusahaan yang menciptakan Axie Infinity, mengumumkan pada 29 Maret bahwa peretas tak dikenal telah mencuri sekitar 600 juta dolar AS.

Berita Lainnya:
Presiden Yoon: Rudal Korut Coba Ganggu Pemilu Korsel

Pada 23 Maret lalu, saat peretasan ditemukan dari “jembatan”, atau jaringan yang memungkinkan pengguna untuk mengirim cryptocurrency dari satu blockchain ke blockchain lainnya. Departemen Keuangan AS memberi sanksi kepada Lazarus Group, sekelompok besar peretas yang diyakini bekerja atas nama pemerintah Korea Utara.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Departemen Keuangan akan memberi sanksi terhadap ‘dompet’ atau alamat cryptocurrency tertentu, yang digunakan untuk menguangkan peretasan Axie Infinity. Serangan siber dituding telah menjadi sumber pendapatan penting bagi rezim Korea Utara selama bertahun-tahun karena pemimpinnya, Kim Jong Un, terus mengejar senjata nuklir.

Perusahaan yang melacak transaksi mata uang digital, menyebut Lazarus Group telah mencuri cryptocurrency senilai sekitar 1,75 miliar dolar dalam beberapa tahun terakhir. Peretasan bisnis cryptocurrency, Chainalysis tidak seperti pengecer,

“Misalnya, pada dasarnya adalah perampokan bank dengan kecepatan internet dan mendanai aktivitas destabilisasi dan proliferasi senjata Korea Utara,” kata kepala urusan hukum di TRM Labs, Ari Redbord, dikutip dari CNN.

Berita Lainnya:
Pemudik Disarankan Hindari Berangkat Mudik Saat Waktu Ini, Kapan Saja?

Sementara banyak perhatian analis keamanan siber tertuju pada peretasan Rusia sehubungan dengan perang di Ukraina, para peretas Korea Utara yang dicurigai jauh dari kata tenang. Selama mereka sukses dan menguntungkan, mereka tidak akan berhenti.

Sebelumnya, para peneliti di Google bulan lalu mengungkapkan dua dugaan kampanye peretasan Korea Utara yang berbeda yang menargetkan media AS dan organisasi TI, serta sektor cryptocurrency dan teknologi keuangan. Google memiliki kebijakan untuk memberi tahu pengguna yang menjadi sasaran peretas yang disponsori negara.

Shane Huntley, yang memimpin Grup Analisis Ancaman Google, mengatakan jika pengguna Google memiliki ‘tautan apa pun untuk terlibat dalam Bitcoin atau cryptocurrency’ dan mereka mendapat peringatan tentang peretasan yang didukung negara dari Google, itu hampir selalu berakhir dengan aktivitas Korea Utara.

“Tampaknya ini merupakan strategi berkelanjutan bagi mereka untuk melengkapi dan menghasilkan uang melalui kegiatan ini,” tutur Huntley.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi