Jumat, 19/04/2024 - 21:41 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

INTERNASIONALTIMUR TENGAH

Presiden Iran Sebut tak akan Biarkan Israel Ganggu Keamanan Regional

ADVERTISEMENTS

Presiden Iran Ebrahim Raisi bertemu dengan menteri luar negeri Irak di Teheran – Anadolu Agency

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

TEHERAN — Presiden Iran Ebrahim Raisi mengatakan bahwa Teheran tidak akan membiarkan Israel mengancam keamanan Iran dan kawasan.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Berbicara setelah bertemu dengan Menteri Luar Negeri Irak Fuad Hussein, Raisi mengatakan Iran “sangat mengharapkan” negara-negara tetangga, terutama Irak, untuk tidak membiarkan kehadiran entitas yang membahayakan keamanan Iran, baik di wilayah yang dikendalikan oleh pemerintah federal atau di wilayah Kurdi.

ADVERTISEMENTS

Iran telah “membuktikan persaudaraannya” terhadap tetangganya dan mengharapkan mereka untuk “mewaspadai konspirasi musuh-musuhnya,” kata Raisi seperti dikutip dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh kantornya.

Berita Lainnya:
Erick Siapkan BUMN Antisipasi Dampak Ekonomi dan Geopolitik Global

Bulan lalu, Korps Pengawal Revolusi Islam (IRGC) Iran mengaku bertanggung jawab atas serangan terhadap apa yang diklaimnya sebagai “pusat strategis” Israel di Erbil di Irak utara.

Serangan itu, yang mencakup selusin rudal balistik, terjadi sebagai tanggapan atas pembunuhan dua anggota IRGC dalam serangan udara Israel di pinggiran Damaskus.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Hal itu menyebabkan meningkatnya ketegangan antara Baghdad dan Teheran, setelah beberapa pejabat Irak mengutuk serangan rudal tersebut.

Raisi mengatakan Iran “mengawasi dengan cermat” tindakan Israel dan tidak akan membiarkan mereka “membahayakan keamanan kawasan melalui negara mana pun, termasuk Irak”.

Presiden Iran menekankan bahwa keamanan Irak harus disediakan oleh orang Irak sendiri, tanpa kehadiran pihak asing, mengacu pada pasukan AS.

Berita Lainnya:
PBB Desak De-eskalasi Perbatasan Israel-Lebanon

Menlu Irak Hussein, pada bagiannya, mengatakan Irak “tidak akan pernah menjadi basis untuk bertindak melawan keamanan Iran”, dan negaranya siap untuk “kerja sama ekstensif dengan Iran, termasuk di bidang keamanan.”

Dalam kunjungannya selama dua hari ke Teheran, Hussein bertemu dengan Menlu Iran Hossein Amir-Abdollahian pada Rabu, dan kedua diplomat sepakat bahwa dialog adalah cara untuk menyelesaikan masalah.

“Jelas bahwa saudara-saudara kita di Iran memiliki beberapa masalah keamanan yang kami yakini dapat diselesaikan melalui dialog,” kata dia kepada wartawan, seraya menambahkan bahwa keamanan Irak dan Iran saling terkait.


 

sumber : https://www.aa.com.tr/id/dunia/presiden-iran-sebut-tak-akan-biarkan-israel-ganggu-keamanan-regional/2564928

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi