IndonesianArabicEnglishRussianGermanChinese (Simplified)JapaneseTurkish

Pemprov Jakarta Kaji Aturan Ziarah Kubur Lebaran Tahun Ini

Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, mengatakan pemprov menyediakan 19.680 tiket mudik gratis.

Aturan ziarah kubur dikaji karena pandemi Covid-19 di Jakarta sudah terkendali.

 JAKARTA — Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan mengkaji kembali aturan ziarah kubur pada Lebaran tahun ini. Kajian ini menyusul terkendalinya penanganan pandemi Covid-19 di Ibu Kota.

“Tahun lalu belum diperkenankan. Nanti, kita lihat dan dipelajari kembali mudah-mudahan bisa,” kata Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria di Jakarta, Kamis (21/4/2022).

Ia menyebutkan bahwa untuk saat ini, peraturan untuk kegiatan ziarah kubur tersebut belum dikeluarkan. Namun, dia mengharapkan kegiatan rutin di masyarakat tersebut bakal bisa dilaksanakan.

“Kini pandemi Covid-19 Jakarta mengalami perbaikan,” katanya.

BACAAN LAIN:
Program 'Santan Sehat, Santri Sehat', PBNU Dorong Kesehatan Santri Indonesia

Kendati demikian, Riza meminta masyarakat untuk sanggup mematuhi protokol kesehatan, jika nantinya kegiatan ziarah tersebut diperbolehkan. Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan DKI Jakarta per 21 April 2022, jumlah kasus aktif di Jakarta mengalami penurunan sejumlah 268 kasus, sehingga jumlah kasus aktif kini sebanyak 1.928 (orang yang masih dirawat/isolasi).

Untuk jumlah total kasus Covid-19 sejak awal pandemi sebanyak 1.246.392 dengan total orang dinyatakan telah sembuh sebanyak 1.229.206 dengan tingkat kesembuhan 98,6 persen, dan total 15.258 orang meninggal dunia dengan tingkat kematian 1,2 persen. Untuk “positivity rate” atau persentase kasus positif sepekan terakhir di Jakarta sebesar 2,8 persen, sedangkan persentase kasus positif secara total sebesar 11,8 persen. WHO menetapkan standar persentase kasus positif tidak lebih dari lima persen untuk terkategori masih aman. 

BACAAN LAIN:
PKS: Perjanjian Antara Prabowo dan Anies Hanya Berlaku untuk Pilpres 2019

Sementara itu, proses vaksinasi juga masih terus berlangsung. Untuk Vaksinasi Program, total dosis pertama saat ini, sebanyak 12.516.560 orang, dengan proporsi 70,3 persen merupakan warga ber-KTP DKI dan 29,7 persen warga KTP Non DKI. 

Sedangkan, total dosis kedua mencapai 10.645.942 orang, dengan proporsi 73,5 persen merupakan warga ber-KTP DKI dan 26,5 persen warga KTP Non DKI. Sementara untuk vaksinasi dosis ketiga atau penguat (booster) sampai saat ini sebanyak 3.422.660 orang.

sumber : Antara

Sumber: Republika

0
senang
Senang
0
sedih
Sedih
0
terganggu
Terganggu
0
terkejut
Terkejut
0
parah
Parah
Pemprov Jakarta Kaji Aturan Ziarah Kubur Lebaran Tahun Ini
Login

Halaman Login/Daftar Harian Aceh Indonesia, jika belum punya akun silahkan buat akun sekarang untuk memanfaatkan keistimewaannya, dan sepenuhnya gratis!