Kamis, 18/04/2024 - 11:34 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EKONOMIGLOBAL

IMF: China Butuh Pasar Modal Terbuka Agar Yuan Jadi Mata Uang Global

ADVERTISEMENTS

Mata uang cadangan banyak digunakan dalam transaksi perdagangan global.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

 WASHINGTON — Jika China ingin yuan-nya menjadi mata uang yang digunakan secara global, Beijing perlu memiliki pasar modal terbuka dan konvertibilitas mata uang penuh, kata pejabat nomor dua Dana Moneter Internasional (IMF), Selasa (26/4/2022). Deputi Pertama Direktur Pelaksana IMF Gita Gopinath, berbicara tentang pandangan institusional baru pemberi pinjaman global tentang langkah-langkah aliran modal di acara Peterson Institute for International Economics, mengatakan sejarah telah menunjukkan bahwa mata uang cadangan banyak digunakan dalam transaksi perdagangan global, seperti dolar dan pound Inggris, tidak memiliki batasan modal, seperti yang dilakukan China.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah


“Jika suatu negara bercita-cita untuk menjadi mata uang global, maka dalam hal ini, Anda harus memiliki, Anda tahu, pada dasarnya modal bergerak sepenuhnya dan bebas, liberalisasi akun modal penuh, konvertibilitas penuh nilai tukar, yang tidak terjadi saat ini di China,” kata Gopinath menanggapi pertanyaan tentang pembatasan modal China.

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
China akan Sumbang Lebih dari Seperempat Penjualan Mobil Listrik di Eropa pada 2024


IMF pada 30 Maret memperbarui panduan institusionalnya tentang kontrol modal untuk memungkinkan penggunaan langkah-langkah pencegahan guna mengurangi risiko arus keluar modal yang tiba-tiba yang menyebabkan krisis keuangan atau resesi yang dalam.


Di bawah pedoman baru, negara-negara tidak lagi harus menunggu sampai arus modal melonjak dan dapat menerapkan langkah-langkah tersebut untuk melawan penumpukan bertahap utang mata uang asing yang tidak didukung oleh cadangan mata uang asing atau lindung nilai.


Gopinath mengatakan beberapa negara dengan nilai tukar tetap mungkin memiliki lebih banyak alasan untuk menggunakan langkah-langkah aliran modal secara pre-emptive karena mereka akan memiliki lebih sedikit alat untuk melawan arus keluar modal yang tiba-tiba.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil


Tetapi dia memperingatkan agar tidak menggunakan langkah-langkah aliran modal untuk mencapai tujuan kebijakan tertentu yang lebih baik ditangani dengan alat-alat domestik, seperti mengendalikan kenaikan harga perumahan.


Sementara lonjakan harga perumahan kadang-kadang disalahkan pada masuknya uang dari pembeli asing, gelembung perumahan sering disebabkan oleh faktor lain, seperti suku bunga yang terlalu rendah, atau kurangnya pasokan perumahan yang memadai, katanya.

Berita Lainnya:
BI: Sinergi TPIP dan TPID Hadapi Potensi Harga Naik Jelang Idul Fitri


IMF akan ‘skeptis’ tentang penggunaan kontrol arus masuk modal untuk menghalangi investasi properti oleh pembeli asing, katanya, seraya menambahkan bahwa arus masuk semacam itu akan sangat menyimpang sehingga menimbulkan risiko stabilitas makroekonomi yang jelas.”Jadi kami akan menganggap ini sebagai, Anda benar-benar perlu menangani ini menggunakan alat intervensi domestik Anda, karena itu sering menjadi alasan mengapa Anda memiliki harga rumah yang tidak terjangkau, dan tentu saja, juga meningkatkan pasokan perumahan dan sebagainya,” kata Gopinath.


Langkah-langkah aliran modal juga tidak boleh digunakan oleh negara-negara untuk melawan kebijakan fiskal yang tidak berkelanjutan, atau untuk mempengaruhi nilai tukar suatu negara untuk keunggulan kompetitif.”Ini bukan tentang Anda mempengaruhi nilai tukar Anda agar tetap lemah untuk tujuan daya saing,” kata Gopinath.

sumber : Antara/Reuters

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi