Kamis, 18/04/2024 - 09:19 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ASIAINTERNASIONAL

Kane Tanaka, Manusia Tertua di Dunia Asal Jepang Meninggal di Usia 119 Tahun

ADVERTISEMENTS

Di usia 119 tahun, manusia tertua di dunia asal Jepang bernama Kane Tanaka meninggal.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

JAKARTA — Wanita penyandang gelar manusia tertua di dunia, Kane Tanaka, tutup usia di umur 119 tahun. Kabar duka mengenai kepergian Tanaka telah dikonfirmasi oleh pejabat lokal terkait.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Tanaka lahir pada 2 Januari 1903 di area barat daya Fukuoka, Jepang. Di penghujung usianya, Tanaka menghabiskan waktu di panti jompo dalam kondisi yang relatif sehat.

ADVERTISEMENTS

Tanaka resmi menyandang gelar sebagai manusia tertua di dunia yang masih hidup pada 2019 dari Guinness World Records. Wanita tersebut mengungkapkan bahwa saat itu merupakan momen paling membahagiakan dalam hidupnya.

Selama tinggal di panti jompo, Tanaka gemar bermain permainan papan, menyelesaikan persoalan matematika, serta mengonsumsi soda dan cokelat. Dalam kesehariannya, Tanaka juga terbiasa bangun pada jam 06.00 setiap pagi. Aktivitas lain yang juga kerap dilakukan Tanaka adalah berlatih kaligrafi.

Berita Lainnya:
Mengusir imigran gelap sudah masuk agenda utama donald trump

“Dia menjadi ahli dalam permainan papan klasik, sering kali mengalahkan para pegawai panti jompo,” jelas pihak Guinness World Record, seperti dilansir GulfToday.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Saat masih berusia muda, Tanaka menjalani beragam bisnis termasuk toko mie dan toko kue beras. Tanaka lalu menikah dengan Hideo Tanaka pada 1922. Keduanya dikaruniai empat orang anak dan mengadopsi satu orang anak.

Tahun lalu, Tanaka sempat berencana untuk menggunakan kursi roda dan menjadi bagian dalam estafet obor untuk Olimpiade Tokyo 2021. Akan tetapi, rencana ini diurungkan akibat pandemi Covid-19.

Kabar duka mengenai kepergian Tanaka juga disampaikan oleh Gubernur Seitaro Hattori. Hattori mengungkapkan bahwa Tanaka menutup usia pada 19 April 2022.

Berita Lainnya:
Perusahaan Jepang Diingatkan Jangan Terima Pekerja Teknologi Informasi Asal Korea Utara

“Saya sedang menantikan waktu untuk bertemu Kane dalam Hari Menghormati Lansia tahun ini dan merayakan hari itu bersama dengan soda dan cokelat favoritnya,” jelas Hattori.

Jepang dikenal sebagai negara dengan populasi lansia terbanyak menurut World Bank. Sebanyak 28 persen dari populasi Jepang merupakan warga berusia 65 tahun ke atas.

Guinness World Records telah memverifikasi cukup banyak manusia tertua di dunia. Sejauh ini, manusia dengan umur terpanjang yang pernah hidup adalah seorang wanita Prancis bernama Jeanne Louise Calment yang meninggal di usia 122 tahun 164 hari pada 1997 lalu.

Sumber:


https://www.gulftoday.ae/news/2022/04/25/world-s-oldest-person-dies-in-japan-at-119

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi