Jumat, 26/04/2024 - 06:14 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Pemudik tak Ditanya Hasil Tes Antigen di Pelabuhan Merak

ADVERTISEMENTS

Sebagian pemudik belum melakukan vaksinasi booster sebagai syarat mudik.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

BANDAR LAMPUNG – Arus mudik baik pemudik pejalan kaki maupun berkendaraan di Pelabuhan Merak menuju Pelabuhan Bakauheni mulai meningkat pada H-5, Rabu (27/4/2022). Pemudik mengakui tidak ada pemeriksaan vaksinasi dan hasil tes antigen saat masuk kapal ferry pada malam hari.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Berdasarkan keterangan pemudik bermobil yang diterima Republika.co.id setiba di Kota Bandar Lampung, Rabu (27/4/2022), pemudik yang ingin menyeberang dari Pelabuhan Merak (Banten) menuju Pelabuhan Bakauheni (Lampung), ternyata tidak diperiksa lagi vaksinasi dan tes antigen. Baik pemudik menggunakan mobil pribadi maupun pejalan kaki.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

“Percuma saja (tes) antigen dekat rumah. Sampai (Pelabuhan) Merak gak ditanyai sama sekali. Hilang deh Rp 130 ribu,” kata Ari (38 tahun), pemudik asal Jakarta tujuan Lampung, Rabu (27/4/2022).

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Mudik Lebaran, Bandara Kertajati Layani 1.900 Orang per Hari

Ari mengaku sudah menyiapkan vaksinasi sampai dosis kedua, sedangkan dosis ketiga belum terlaksana. Namun dirinya ingin mudik Lebaran lebih awal dari hari cuti bersama pada Jumat (29/4/2022). Ia menyiasati biar tidak repot di perjalanan dengan melakukan tes antigen di luar dengan harga mahal.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Berbeda dengan Endin Tea (33 tahun), pemudik pejalan kaki yang telah tiba di Terminal Rajabasa dari Pelabuhan Bakauheni lainnya mengatakan, tetap bersyukur tahun ini bisa mudik Lebaran dibandingkan dua tahun lalu hanya di tanah rantau gara-gara pandemi Covid-19. “Mudik bebas, asal sudah pernah vaksin. Lagian ngapain pake antigen segala, jelas rugi,” kata Endin, yang menikmati mudik ke kota asalnya Jambi.

Berita Lainnya:
Sapa Anies di KPU, Prabowo: Saya Pernah di Posisi Anda, Senyuman Anda Berat Sekali

Isabel (28 tahun), pemudik pejalan kaki menggunakan bus umum mengatakan, ia tetap mengikuti aturan pemerintah dalam perjalanan mudik Lebaran tahun ini dengan vaksinasi I dan II, juga tes antigen. Menurut dia, persiapan mudik dengan melengkapi syarat memudahkan di perjalanan.

“Sedia payung sebelum hujan. Kan gak ada salahnya daripada nanti ditanya antigen belum bikin kan jadi repot,” kata Isabel, pemudik dari Bekasi tujuan Lampung.

Berdasarkan keterangan yang diperoleh, petugas pelabuhan yang memeriksa kelengkapan surat-surat perjalanan seperti vaksinasi dan tes antigen mulai dilakukan pada waktu siang. Sedangkan pada malam hari pemeriksaan mulai kendur seiring dengan meningkatnya jumlah pemudik.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi