Jumat, 19/04/2024 - 21:58 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ACEH

Ahli Saraf Bagikan Tips Mengatasi Sakit Kepala

ADVERTISEMENTS

Sakit kepala bisa diatasi dengan beberapa cara yang cukup sederhana.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

 JAKARTA — Setiap orang pernah mengalami sakit kepala. Mulai dari sakit kepala dehidrasi yang berdenyut-denyut hingga migrain yang melumpuhkan. Sakit kepala adalah keluhan yang sangat umum.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah


Professor of Neuroscience, Durham University, Amanda Ellison mengatakan, saat sakit kepala menyerang, reaksi banyak orang adalah meraih obat penghilang rasa sakit. Tetapi solusi yang lebih baik sering kali adalah dengan menyelidiki alasan di balik rasa sakit itu, terutama jika Anda sering mengalami sakit kepala yang serupa.

ADVERTISEMENTS


“Sakit kepala adalah sistem peringatan dini. Cara terbaik untuk melawan mereka adalah dengan mencari tahu apa yang mereka peringatkan kepada kita,” jelasnya seperti dilansir dari laman Inverse, Kamis (28/4/2022).


Sakit kepala lebih dari sekedar sakit pada bagian kepala. Ellison telah mempelajarinya selama 20 tahun terakhir. Penyebab sakit kepala kita terkadang bisa berasal dari tubuh kita atau perilaku kita. Sakit kepala juga memengaruhi tubuh dan perilaku kita.


Penderita migrain sering melacak asupan makanan dan aktivitas mereka serta cuaca untuk mengetahui apa yang memicunya. Namun, penderita sakit kepala yang normal seringkali kurang seirama dengan penyebab rasa sakitnya.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil
Berita Lainnya:
Dokter Sarankan Pemudik Beristirahat Begitu Sampai di Rumah


Sementara sakit kepala tegang, terjadi pada saat stres emosional yang hebat atau stres pada tubuh kita. Keduanya memerlukan aktivitas berlebihan dari otot-otot di sekitar kepala dan leher, yang membentuk respons inflamasi yang melibatkan prostaglandin dan oksida nitrat. Keduanya merupakan bahan kimia untuk memperlebar pembuluh darah. 


Bahan kimia inflamasi juga secara langsung mengaktifkan saraf trigeminal, saraf kranial yang paling kompleks dan yang bertanggung jawab atas sensasi dan gerakan di wajah.


Saat sakit kepala biasanya diatasi dengan obat penghilang rasa sakit atau anti-inflamasi dan melanjutkan seperti biasa. Padahal reseptor rasa sakit berteriak bahwa ada sesuatu yang salah.


 


Mengkonsumsi parasetamol atau ibuprofen akan bertindak untuk mencegah bahaya, mengurangi peradangan, pelebaran, dan persepsi nyeri, tapi sakit kepala akan terulang kembali kecuali kita dapat mengatasi penyebabnya. Jika Anda menderita sakit kepala sinus, Anda hanya perlu menunggu sinus Anda sembuh, jadi mengonsumsi obat penghilang rasa sakit atau dekongestan mungkin merupakan pendekatan yang baik. Tetapi terkadang strategi penanganan itu dapat memperburuk keadaan.

Berita Lainnya:
Benarkah Kolesterol Tinggi Mudah Menimbulkan Rasa Lelah?


Kita mungkin memutuskan sebotol anggur adalah jenis suguhan yang kita butuhkan untuk bersantai dan menghilangkan stres. Tetapi keduanya menyebabkan dehidrasi, penyebab sakit kepala lainnya di mana-mana.


Dengan otak Anda terbuat dari lebih dari 70 persen air, jika ginjal Anda perlu meminjam beberapa untuk mencairkan alkohol atau garam dan rempah-rempah, biasanya berasal dari oasis ini. Otak kehilangan air sehingga volumenya benar-benar menyusut, menarik selaput yang menutupi otak dan memicu rasa sakit.


Salah satu cara mengatasi sakit kepala adalah sistem penghilang rasa sakit alami otak dan meningkatkan zat kimia saraf yang terkait dengan kebahagiaan (seperti serotonin dan oksitosin) dan penghargaan (dopamin). Menertawakan komedi, menikmati kebersamaan dengan teman baik, atau menikmati keintiman dengan pasangan semuanya akan meningkatkan hormon ini ke berbagai tingkat.


Setiap blok sinyal rasa sakit yang datang dari tubuh, tidak hanya membantu Anda mengatasi sakit kepala Anda, tapi juga memperbaiki keseimbangan neurokimia yang merupakan mekanisme keadaan emosi Anda yang marah.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi