Jumat, 19/04/2024 - 06:35 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EROPAINTERNASIONAL

Rusia Tuding AS dan Polandia Berencana Pecah Ukraina

ADVERTISEMENTS

Polandia merupakan salah satu pendukung terkuat Ukraina.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

MOSKOW – Kepala Dinas Intelijen Luar Negeri Rusia (SVR) Sergey Naryshkin menuding Amerika Serikat (AS) dan Polandia merencanakan untuk memperoleh lingkup pengaruh di Ukraina. Pernyataan Naryshkin dinilai sebagai sinyal bahwa konflik di Ukraina dapat berakhir dengan membagi paksa negara tersebut antara Barat dan Rusia.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Mengutip data intelijen yang tidak dipublikasikan, Naryshkin mengatakan AS dan Polandia berencana memulihkan kendali Polandia atas bagian barat Ukraina.

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Jepang Serius Putar Otak untuk Atasi Krisis Demografi

“Menurut intelijen yang diterima SVR, Washington dan Warsawa sedang mengerjakan rencana untuk membangun kontrol militer serta politik Polandia yang ketat atas kepemilikan bersejarahnya di Ukraina,” ucap Naryshkin dalam sebuah pernyataan yang dirilis SVR, Kamis (28/4/2022).

Menurut SVR, AS dan Polandia tengah mendiskusikan sebuah rencana untuk mengerahkan pasukan “penjaga perdamaian” Polandia tanpa mandat Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) ke bagian barat Ukraina. Di wilayah itu, kemungkinan konfrontasi dengan pasukan Rusia rendah.

Pemerintah Polandia belum mengomentari keterangan yang dirilis SVR. Pada masa silam, Polandia pernah memerintah beberapa wilayah yang kini menjadi bagian dari Ukraina. Wilayah Ukraina Barat, termasuk kota Lviv, sempat berada di bawah kendali Warsawa. Namun pada akhir Perang Dunia II, wilayah itu menjadi milik Uni Soviet.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil
Berita Lainnya:
Membaca Sinyal Respons Israel Atas Serangan Iran

Terkait konflik yang kini sedang berlangsung, Polandia merupakan salah satu pendukung terkuat Ukraina. Selain memasok senjata ke Kiev, Warsawa pun menampung sekitar 3 juta warga Ukraina yang mengungsi akibat serangan Rusia.

Sumber: Reuters/Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi