Rabu, 17/04/2024 - 06:52 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ACEH

Mudik Naik Kendaraan Pribadi? Cek Lima Hal Ini Sebelum Berangkat

ADVERTISEMENTS

Kemenhub memperkirakan akan terjadi lonjakan arus kendaraan bermotor saat mudik

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

JAKARTA — Tahun 2022 pemerintah mulai memperbolehkan aktivitas mudik dalam rangka Hari Raya Idul Fitri. Kementerian Perhubungan Republik Indonesia (Kemenhub RI) memperkirakan akan terjadi lonjakan arus kendaraan bermotor dari dalam atau luar Pulau Jawa. Hal ini akan berbanding lurus dengan kepadatan lalu lintas selama periode mudik lebaran.

ADVERTISEMENTS


Vice President Automotive Category Blibli, Eddy Lukita, mengatakan mudik selalu jadi momen yang ditunggu. “Oleh karena itu bagi para pemudik perlu memastikan kondisi kendaraan yang digunakan untuk pulang ke kampung halaman dalam kondisi prima, mengingat waktu tempuh cenderung lama dan kondisi lalu lintas tidak dapat diprediksi,” ujarnya dalam keterangan pers yang diterima Republika, Kamis (28/4/2022) lalu.

ADVERTISEMENTS
Promo Takjil Bank Aceh Syariah


Eddy menambahkan tidak sedikit pelanggan yang sudah memperhatikan kondisi kendaraannya. Catat persiapan untuk kendaraanmu agar mudik aman dan nyaman:

ADVERTISEMENTS
Promo Pembiayaan Ramadhan Ekstra Bank Aceh Syariah


1. Cek kunci dan peralatan kendaraan 


Kunci-kunci dan peralatan kendaraan standar seperti obeng, tang, dongkrak dan alat pompa portabel perlu kamu siapkan sebagai pertolongan pertama jika sewaktu-waktu kendaraan yang dikendarai mengalami gangguan ringan di tengah perjalanan.

ADVERTISEMENTS
Ramadhan Berbagi Bersama Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Kemenag Rilis Al-Qur’an Terjemahan Bahasa Gayo


2. Berbagai cairan penting untuk efektivitas laju kendaraan

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses Pelantikan dan Setijab Mayjen TNI Niko Fahrizal


Ibarat tubuh manusia, kendaraan juga membutuhkan cairan untuk menjaga performanya tetap stabil selama perjalanan jarak jauh. Sebelum berangkat, pastikan kamu mengecek air radiator, air aki, minyak rem, oli, hingga air pembersih kaca. Pastikan kendaraanmu memiliki cairan yang cukup sebelum bekerja ekstra. 

ADVERTISEMENTS
Semarak Ramadhan 1445 H bersama Bank Aceh Syariah, Diskon Belanja 50%


3. Alat Pemadam Api Ringan (APAR) untuk antisipasi kebakaran

ADVERTISEMENTS
Bank Aceh - Telkomsel, Beli Paket Data mulai dari 110K OMG melalui Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Periode 11 Maret - 11 April 2024


Risiko kebakaran dapat terjadi di mana saja, bahkan saat berkendara jarak jauh sekalipun, terutama bagi pengendara mobil.

AADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil


Pilihlah APAR yang mampu memadamkan api dengan efisien, serta ampuh mendinginkan suhu tinggi dalam waktu singkat. Selain itu, pilih juga yang terbuat dari kandungan bahan ramah lingkungan, bebas racun, serta memiliki desain kemasan ergonomis dan antikarat.


4. Ban cadangan untuk mobil yang belum mengadopsi RTF


Mengingat masih banyaknya mobil yang belum mengadopsi ban jenis Run Flat Tire (RTF), atau ban yang tahan digunakan meski sudah bocor, menjadikan ban cadangan penting untuk dibawa saat berkendara pribadi, seberapapun jauh jarak tempuhnya. Untuk itu, ban cadangan harus senantiasa dalam kondisi prima melalui pengecekan angin secara berkala, rutin melakukan rotasi ban, serta kesiapan atas perkakas dan aksesori penunjang efektivitas saat harus mengganti ban di tengah perjalanan. 

Berita Lainnya:
Ketua Yayasan Laskar Cabut Laporan dan Minta Maaf kepada Kapolres Sabang


5. Aman berkendara dengan asuransi kendaraan


Tidak dapat dimungkiri bahwa akan terjadi banyak simpul kepadatan di jalur-jalur mudik, yang mana juga berisiko memicu terjadinya gangguan saat berkendara, mulai dari risiko pencurian, bersenggolan dengan kendaraan lain, hingga ancaman tindak kejahatan di jalan. Untuk mengantisipasi kerugian akibat risiko tersebut, pengendara dianjurkan untuk membeli asuransi kendaraan. Banyak manfaat yang bisa diperoleh oleh pengendara, seperti di antaranya perlindungan terhadap kendaraan, pengemudi dan penumpang, tuntutan dari pihak ketiga, serta jaminan terhadap barang-barang pribadi. 


6. Melunasi pajak kendaraan pribadi


Sebelum berangkat, segera lunasi pajak kendaraan pribadi Anda. Sebagian dari Anda mungkin kesulitan meluangkan waktu pergi ke kantor Samsat terdekat untuk membayar nominal pajak kendaraan yang tertagih. Anda bisa memanfaatkan e-commerce tertentu untuk membayar pajak kendaraan.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi