Rabu, 24/04/2024 - 12:05 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ACEH

Viral di TikTok: Memplester Mulut Saat Tidur Biar Nggak Ngorok, Manjur atau Berbahaya?

ADVERTISEMENTS

Trik memplester mulut saat tidur menjadi viral di TikTok.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

JAKARTA — Belakangan ini, memplester mulut saat tidur menjadi tren di kalangan para pengguna TikTok. Cara ini diklaim dapat memberikan beberapa manfaat saat tidur. Benarkah?

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Menurut para pengguna TikTok, memplester mulut saat tidur akan memaksa tubuh untuk bernapas melalui hidung. Dengan begitu, kondisi mulut kering saat bangun tidur bisa dihindari.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah


Trik ini juga diklaim dapat mengurangi dengkuran dan memperbaiki kualitas tidur. Untuk melakukannya, para pengguna TikTok merekomendasikan plester yang memang didesain khusus untuk menutup mulut saat tidur atau plester medis ukuran kecil.

ADVERTISEMENTS


Mereka tidak menganjurkan orang-orang untuk memplester mulut saat tidur dengan lakban biasa. Terlepas dari popularitasnya, para dokter tidak menganjurkan orang-orang untuk mengikuti tren tersebut.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil
Berita Lainnya:
Bahas Konsep Pembukaan PON, Pj Gubernur Bustami: Tonjolkan Kearifan Aceh


Menurut para dokter, kebiasaan seperti ini memiliki lebih banyak potensi bahaya dibandingkan manfaatnya. Direktur Medis Center for Sleep Medicine di Tufts Medival Center, dr Aarti Grover, mengatakan, ada banyak hal yang bisa menyebabkan seseorang mendengkur saat tidur, termasuk beberapa masalah kesehatan.


Oleh karena itu, memplester mulut tidak akan serta-merta menyelesaikan masalah mendengkur. Sebaliknya, memplester mulut saat tidur bisa membahayakan.


Sebagai contoh, mendengkur bisa disebabkan oleh gangguan tidur bernama apnea tidur. Dengkuran terjadi karena apnea tidur membuat jalan napas terhambat. Bila penderita apnea tidur memplester mulut mereka saat tidur, mereka bisa semakin sulit untuk bernapas.

Mendengkur juga bisa disebabkan oleh tersumbatnya hidung akibat alergi atau masalah sinus. Memplester mulut dalam kondisi seperti ini bisa membuat orang-orang tidak mendapatkan udara yang cukup saat berusaha bernapas dari mulut ketika tidur. Akibatnya, orang tersebut bisa kekurangan oksigen sepanjang malam.

Berita Lainnya:
Pj Gubernur Inspektur Upacara Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Seulawah 2024

“(Memplester mulut) ini sebuah ide yang buruk. Ada banyak (tren) TikTok yang membuat saya berpikir, ‘Ya Tuhan, dari mana ide-ide ini datang?’,” kata dr Kathryn Boling dari Mercy Medical Center in Baltimore, Maryland, Amerika Serikat, dikutip USA Today, Jumat (29/4/2022).

Tak hanya itu, kulit di area bibir sangat tipis. Memplester bibir setiap akan tidur bisa memicu abrasi dan luka di bibir.

Bahaya lain yang perlu diwaspadai adalah kemungkinan muntah saat tidur. Bila muntah saat tidur terjadi ketika mulut diplester, risiko tersedak atau tercekik oleh muntahan bisa terjadi

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi