Sabtu, 20/04/2024 - 02:34 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ACEH

Ini Tips Atur Keuangan Jelang Lebaran

ADVERTISEMENTS

Tak ada salahnya belajar mengatur keuangan agar tak over budget.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

 JAKARTA — Sebagai momen yang paling dinantikan oleh umat Islam usai menjalankan ibadah puasa Ramadhan, Lebaran sangat erat dengan tradisi mudik atau pulang kampung serta bersilaturahim dengan keluarga dan tetangga.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Silaturahim biasanya tak lepas dari sajian aneka hidangan kecil seperti kue kering hingga makanan besar seperti ketupat, opor ayam, rendang, dan lain sebagainya. Tanpa disadari, hal tersebut akan menyerap biaya yang cukup banyak.

ADVERTISEMENTS

Agar dapat mengelola anggaran dengan baik, berikut ini beberapa tip yang bisa Anda lakukan seperti dikutip dari siaran pers Ternak Uang.

1. Tentukan anggaran

Anda perlu membuat rincian terkait kebutuhan saat Lebaran. Misalnya, tiket mudik pulang-pergi, membeli bahan-bahan untuk masakan lebaran, membeli baju anak, uang hadiah untuk keluarga, dan sebagainya.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil
Berita Lainnya:
Petani Aceh Besar Dukung PON, Jadwal Tanam Jalan Terus

Rincian anggaran akan membantu Anda supaya keuangan tidak menipis usai Lebaran.

2. Pisahkan THR dan gaji

Salah satu yang paling membahagiakan jelang Lebaran adalah menerima Tunjangan Hari Raya (THR). Pastikan Anda tidak kalap saat melihat nominal di rekening bank membuncit.

Anda harus tetap mengalokasikan gaji untuk kebutuhan bulanan. Sementara untuk keperluan menjelang Hari Lebaran, Anda bisa menggunakan THR.

3. Persiapkan dana darurat

Meski Hari Lebaran singkat, bukan berarti dana darurat tidak diperlukan. Anda harus tetap mempersiapkan dana darurat dalam bentuk tunai untuk menghindari terjadinya sesuatu yang tak terduga.

4. Berbelanja sesuai kebutuhan

Momen Lebaran memang seringkali membuat sebagian orang kalap dalam berbelanja karena berpikir momen tersebut hanya sekali dalam setahun. Cara terbaik untuk menghindarinya adalah cek kembali anggaran yang sudah dibuat, kesampingkan barang-barang yang tak dibutuhkan.

Berita Lainnya:
Kapolda Metro Jaya Minta Jajaran Awasi Rumah Kosong yang Ditinggal Mudik

5. Belajar keuangan

Tidak ada salahnya Anda belajar keuangan supaya menghindari pengelolaan keuangan yang salah seperti over budget yang akan membuat Anda kesulitan setelah lebaran. Anda bisa mendapatkan ilmu belajar keuangan di Ternak Uang Academy. Di sana, Anda akan belajar mengatur keuangan dari nol dengan bantuan profesional.

Mengatur keuangan tak berhenti sampai di Hari Lebaran saja. Selanjutnya, Anda harus tetap disiplin mengatur pengeluaran agar tidak melebihi pendapatan.

Anda juga harus segera melunasi utang jika saat Lebaran Anda menggunakan kartu kredit. Selain itu, Anda juga harus kembali menabung. Perlu diingat, uang tabungan sebaiknya disisihkan di awal, bukan menunggu sisa pengeluaran.


 

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi