Jumat, 26/04/2024 - 02:45 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ACEH

Minum Teh Bisa Bantu Turunkan Hipertensi, Berapa Banyak Perlu Dikonsumsi?

ADVERTISEMENTS

Dalam jangka panjang, mengonsumsi teh dapat membantu menurunkan tekanan darah.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

JAKARTA — Penelitian menunjukkan bahwa teh tertentu dapat membantu mengurangi tekanan darah. Berapa banyak yang perlu Anda minum untuk mendapatkan hasilnya?

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Hipertensi dapat memberi tegangan ekstra pada pembuluh darah, jantung, dan organ lain, seperti otak, ginjal, dan mata. Jika memiliki tekanan darah tinggi, maka menurunkan tekanan, bahkan dalam jumlah kecil, dapat membantu mengurangi risiko sejumlah kondisi kesehatan serius.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

“Membuat perubahan gaya hidup sehat terkadang dapat membantu mengurangi peluang Anda terkena tekanan darah tinggi dan membantu menurunkan tekanan darah Anda jika sudah tinggi,” kata NHS, dilansir Express, Rabu (13/4/2022).

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Enam Penyakit yang Umum Menyerang Selama Musim Liburan

NHS menyarankan semua orang dewasa di atas 40 tahun untuk memeriksakan tekanan darah mereka setidaknya setiap lima tahun. Sejumlah minuman dan diet (pola makan) dapat membantu menurunkan hipertensi.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil


Sebuah meta-analisis dari uji coba terkontrol secara acak yang diterbitkan di National Library of Medicine menunjukkan konsumsi secangkir teh sehari dalam jangka panjang, yakni lebih dari 12 pekan, dapat menghasilkan penurunan tekanan darah sistolik dan diastolik yang signifikan. Meski demikian, Mayo Clinic memperingatkan kafein dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah yang singkat dan dramatis, bahkan jika Anda tidak memiliki tekanan darah tinggi.


Tidak jelas apa yang menyebabkan lonjakan tekanan darah ini. Namun, respons tekanan darah terhadap kafein berbeda dari orang ke orang.

Berita Lainnya:
Penglihatan Menurun Saat Mengejan? Waspada, Bisa Jadi Itu Tanda Papiledema


Mayo Clinic mengatakan, beberapa orang yang secara teratur minum minuman berkafein memiliki tekanan darah rata-rata yang lebih tinggi daripada mereka yang tidak minum sama sekali. Orang lain yang secara teratur minum minuman berkafein mengembangkan toleransi terhadap kafein.


“Akibatnya, kafein tidak memiliki efek jangka panjang pada tekanan darah mereka,” kata penyataan Mayo Clinic.

Namun, ada perubahan pola makan lain yang bisa dilakukan. NHS mengatakan, Anda mungkin juga perlu mengurangi jumlah garam yang dikonsumsi dan menjauhi alkohol.

“Mengonsumsi makanan yang sehat dan seimbang adalah bagian penting dari menjaga kesehatan yang baik, dan dapat membantu Anda merasakan yang terbaik,” kata NHS.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi