Rabu, 24/04/2024 - 09:57 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ACEH

Gejala Kanker di Mulut, Waspadai

ADVERTISEMENTS

Akumulasi sel kanker abnormal di dalam mulut dapat membentuk tumor.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

JAKARTA — Kanker mulut adalah salah satu dari banyak kanker yang termasuk dalam kelompok kanker kepala dan leher. Kanker ini sering diobati dengan cara yang sama dengan kanker lain di area tubuh tersebut.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA


Dilansir di laman Eat This Not That pada akhir April, kanker mulut terbentuk ketika sel-sel di bibir atau mulut mengembangkan perubahan yang tidak sehat (mutasi) dalam DNA mereka. DNA sel berisi instruksi yang memberi tahu sel apa yang harus dilakukan.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah


Akumulasi sel kanker abnormal di dalam mulut dapat membentuk tumor. Seiring waktu, mereka dapat menyebar di dalam mulut dan area kepala dan leher lainnya, bahkan ke seluruh tubuh, jika tidak ditangani.

ADVERTISEMENTS


Kanker mulut biasanya dimulai pada sel tipis dan datar (sel skuamosa) yang terletak di bibir dan di dalam mulut. Sebagian besar kanker mulut adalah karsinoma sel skuamosa.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil


Tidak jelas apa yang menyebabkan mutasi pada sel skuamosa yang menyebabkan kanker mulut. Tetapi dokter telah mengidentifikasi faktor-faktor yang dapat meningkatkan risiko kanker mulut, termasuk semua jenis penggunaan tembakau, konsumsi alkohol yang berlebihan, paparan sinar matahari yang berlebihan pada bibir, HPV, atau sistem kekebalan yang terganggu.

Berita Lainnya:
Panglima Laot Aceh: Penyelundup Rohingya hanya Berkedok Nelayan


Berikut penjelasannya:


1. Luka di mulut


Luka di mulut dapat menandakan kanker mulut, tapi penting untuk dicatat tidak semua luka mulut bersifat kanker atau prakanker. Beberapa tanda yang harus diwaspadai dan penting untuk mendapatkan perhatian medis yaitu erythroleukoplakia


Sebuah patch di lidah, gusi, amandel, atau lapisan mulut yang merupakan kombinasi warna merah dan putih di mulut Anda adalah pertumbuhan sel abnormal yang diduga menjadi ganas. Jika bercak merah dan putih bertahan lebih lama dari sekitar 14 hari, Anda harus mengunjungi dokter gigi.


Selain itu ada leukoplakia atau keratosis. Bercak putih atau abu-abu yang menonjol dan terasa keras mungkin leukoplakia atau keratosis. Kerusakan atau trauma di mulut dan merokok terkait dengan pembentukan plak ini yang dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker dan harus ditangani dengan dokter.


Gejala lain adalah sariawan. Sariawan tidak terkait dengan peningkatan risiko kanker. Sariawan muncul dengan bagian tengah berwarna putih, gelap, atau kuning, dan dengan tepi merah. Pada tahap awal, sariawan mungkin tidak menimbulkan masalah.

Berita Lainnya:
Tenggorokan Nyeri, Kapan Harus Curiga Itu Gejala Kanker?


2. Gigi goyang


Setiap kali orang dewasa memiliki gigi yang longgar akan cenderung ada ruang untuk khawatir. Inilah sebabnya mengapa kebersihan mulut yang baik, berolahraga secukupnya dalam hal konsumsi alkohol, dan mengurangi atau menghilangkan kebiasaan merokok atau mengunyah tembakau, bisa sangat penting. Faktanya, bahkan ketika disesuaikan dengan faktor-faktor seperti merokok, kesehatan mulut yang baik telah dikaitkan dengan hasil yang lebih baik dan insiden kanker yang lebih rendah.


3. Kesulitan menelan


Disfagia, atau kesulitan menelan, biasanya dikaitkan dengan kanker mulut yang lebih lanjut dan terkait dengan tumor yang terlihat di mulut atau tenggorokan. Jika Anda melihat kesulitan menelan, sangat penting bagi Anda untuk berbicara dengan dokter Anda tentang hal itu.


4. Sakit rahang dan telinga


Beberapa gejala kanker mulut yang paling umum melibatkan rasa sakit atau ketidaknyamanan di rahang dan telinga, dengan banyak dari gejala ini tumpang tindih dengan gejala infeksi mulut, atau infeksi telinga. Jika salah satu dari gejala ini terjadi bersamaan dengan gejala kanker mulut lainnya segera ke dokter.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi