Jumat, 26/04/2024 - 00:14 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ACEH

Trik TikTok tidak Direkomendasikan, Dokter Bagikan 5 Cara Memutihkan Gigi

ADVERTISEMENTS

Betulkah kombinasi kiwi, mentimun, dan baking soda bisa memutihkan gigi?

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

JAKARTA — Media sosial saat ini dipenuhi oleh berbagai tips yang diklaim dapat membuat gigi terlihat lebih putih. Akan tetapi, banyak dari tips tersebut yang justru berpotensi merugikan.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Salah satu contohnya adalah tips memutihkan dari TikTok dengan menggunakan kombinasi kiwi, mentimun, dan baking soda. Kombinasi ini diklaim dapat membuat gigi memiliki warna secerah mutiara.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Ahli ortodonti drg Khaled Kasem mengatakan, kombinasi ini mungkin diciptakan karena kiwi mengandung kalsium. Kalsium diketahui berperan dalam menetralisir asam dan meningkatkan kesehatan email gigi.

ADVERTISEMENTS

Di sisi lain, mentimun dinilai dapat membantu menyegarkan napas. Sebenarnya, menurut dr Kasem, mentimun hanya merupakan solusi sementara untuk menyegarkan napas.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil
Berita Lainnya:
Anggota DPD RI M Nuh Hadiri Bukber FOZ Sumut, Bahas Penguatan Peran Lembaga Zakat

“Mungkin terlihat efektif hanya beberapa jam saja, tapi itu hanya solusi sementara untuk menghilangkan noda di permukaan” jelas drg Kasem, seperti dilansir The Sun, Senin (2/4/2022).

Drg Kasem mengingatkan bahwa kombinasi ketiga bahan tersebut tidak dapat menghilangkan noda gigi yang sudah lama menempel dan membuat gigi tampak kuning. Sebaliknya, kondisi penggunaan kombinasi kiwi, mentimun, dan baking soda setiap hari justru dapat merusak email gigi.

“(Kerusakan email gigi) merupakan sesuatu yang tidak bisa dikembalikan seperti semula,” kata drg Kasem.

Drg Kasem mengimbau agar warganet tidak mencari nasihat kesehatan gigi dari orang-orang yang tidak memiliki kompetensi di media sosial. Hal senada juga diungkapkan oleh drg Azad Eyrumlu.

Menurut drg Eyrumlu, pemutihan gigi membutuhkan zat kimia yang lebih kuat. Selain itu, dibutuhkan waktu pengaplikasian yang lebih lama, setidaknya satu jam.

Berita Lainnya:
Kunjungan Wisatawan ke Aceh Meningkat, Pemandu Dilatih Storytelling

“Ini karena perubahan warna gigi biasanya tejradi jauh di dalam lapisan gigi, dan email gigi jauh lebih kuat dari sari kiwi,” jelas drg Eyrumlu.

Dokter gigi kosmetik Hannah Kinsella mengatakan, ada lima trik memutihkan gigi yang sebenarnya aman dan bisa dilakukan di rumah. Berikut ini adalah kelima trik tersebut.

Memperhatikan makanan dan minuman

Drg Kinsella mengatakan, ada beberapa makanan dan minuman yang dapat membuat gigi menjadi tampak kuning. Sebagian di antaranya adalah kopi, teh, dan anggur merah. Melakukan perubahan kecil dengan membatasi konsumsi minuman ini atau meminumnya dengan sedotan bisa membantu menghindari perubahan warna gigi.

“Nikotin dalam rokok juga bisa menguningkan gigi,” jelas drg Kinsella.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi