Rabu, 24/04/2024 - 09:02 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EROPAINTERNASIONAL

WHO Terima Laporan 228 Kasus Hepatitis Misterius yang Menyerang Anak-anak

ADVERTISEMENTS

WHO terima laporan 228 kasus Hepatitis misterius yang menyerang anak-anak

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

JENEWA — Juru bicara Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Tarik Jasarevic, mengatakan pihaknya telah menerima laporan 228 kemungkinan kasus hepatitis misterius yang menyerang anak-anak. Sementara puluhan kasus lainnya sedang diselidiki.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA


“Pada 1 Mei, setidaknya 228 kasus yang dilaporkan ke WHO dari 20 negara, dengan lebih dari 50 kasus tambahan sedang diselidiki,” kata Jasarevic, Selasa (3/5/2022)

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah


Otoritas kesehatan di seluruh dunia sedang menyelidiki peningkatan misterius dalam kasus hepatitis parah pada anak-anak. Lebih dari 190 kasus hepatitis misterius telah diidentifikasi, dan mayoritas terjadi di Inggris. Badan Keamanan Kesehatan Inggris telah mengidentifikasi 34 kasus hepatitis yang dikonfirmasi pada anak-anak sejak Senin (2/5/2022). Sehingga jumlah totalnya menjadi 145 kasus.

ADVERTISEMENTS


Badan Keamanan Kesehatan Inggris mengatakan,10 anak telah menerima transplantasi hati. Sejauh ini, anak-anak yang menerima transplantasi hati dalam kondisi yang cukup stabil.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil


Negara-negara lain termasuk Amerika Serikat, Israel, Denmark, Irlandia, Belanda, dan Spanyol juga melaporkan kasus serupa. Hepatitis pediatrik ringan tidak pernah terdengar, tetapi kasus tersebut menimbulkan kekhawatiran di Skotlandia pada tanggal 6 April, karena anak-anak mengalami sakit yang cukup parah.  Beberapa anak membutuhkan transplantasi hati dan satu anak telah meninggal dunia. Kekhawatiran lainnya adalah kasus tersebut tidak terkait dengan virus khas seperti hepatitis A, B, C, D dan E.

Berita Lainnya:
Qatar Tegaskan Komitmen Teruskan Negosiasi untuk Akhiri Perang Gaza


“Ini masih jumlah kasus yang sangat rendah, tetapi mereka adalah anak-anak, itu yang menjadi perhatian utama, dan yang lainnya adalah tingkat keparahannya,” kata profesor hepatologi dari Barcelona dan Ketua European Association of the Study of the Liver’s, Maria Buti. 


Teori utamanya adalah infeksi virus, mungkin dengan adenovirus atau keluarga virus umum yang dapat menyebabkan flu biasa. Satu jenis adenovirus, tipe 41, biasanya menyebabkan gastroenteritis akut, dan ada laporan yang menyebabkan hepatitis pada anak-anak dengan gangguan kekebalan. Tetapi tidak pernah menyerang anak-anak yang sehat.


Direktur Kesehatan Masyarakat Skotlandia, Jim McMenamin, mengatakan, penyelidikan sedang dilakukan untuk menentukan apakah adenovirus yang terlibat telah bermutasi sehingga menyebabkan penyakit yang lebih parah, atau apakah itu dapat menyebabkan masalah “bersamaan” dengan virus lain. Termasuk kemungkinan SARS-CoV-2 atau virus penyebab Covid-19.


Dari anak-anak yang terkena dampak di Inggris, 75 persen dinyatakan positif adenovirus. Ada juga kemungkinan bahwa patogen baru mungkin terlibat, atau paparan racun. Tetapi para ilmuwan mengatakan, penyebaran geografis kasus menunjukkan infeksi adalah penjelasan yang lebih mungkin.


Hubungan antara munculnya hepatitis misterius dengan vaksin Covid-19 telah dikesampingkan. Karena sebagian besar kasus yang ditemukan di Inggris tidak divaksinasi Covid-19. Ilmuwan lain mengatakan, penurunan kekebalan akibat berkurangnya pergaulan sosial selama pandemi bisa menjadi salah satu alasan.

Berita Lainnya:
Ancaman Korut Jadi Pembahasan Utama Korsel dan NATO


“Ini mungkin merupakan respons berlebihan terhadap stimulasi sistem kekebalan yang tidak digunakan seperti itu. Ini teori yang bagus,” kata konsultan hepatologis dan profesor kedokteran translasi di Imperial College London, Simon Taylor-Robinson.


Peringatan kesehatan masyarakat di Amerika Serikat dan Eropa telah meminta dokter untuk mewaspadai kondisi tersebut, dan  menguji adenovirus pada anak-anak jika dicurigai terpapar hepatitis. Gejala yang muncul antara lain urin gelap, menguningnya mata dan kulit (jaundice), kelelahan, demam, kehilangan nafsu makan, mual, muntah, sakit perut, tinja berwarna terang, dan nyeri sendi. Tidak ada pengobatan khusus untuk menyembuhkan hepatitis, tetapi obat-obatan dapat membantu mengurangi peradangan dan gejala lainnya.


Orang tua diminta waspada terhadap gejala tersebut, dan menghubungi profesional kesehatan jika mereka khawatir. Untuk mencegah penyebaran lebih lanjut, Badan Keamanan Kesehatan Inggris mendesak warga untuk mencuci tangan dan menjaga kebersihan, seperti menutup mulut serta hidung dengan tisu ketika batuk dan bersin.


Para ahli mengatakan bahwa peningkatan jumlah kasus hepatitis misterius relatif lambat. Tetapi mereka memperkirakan terjadinya peningkatan kasus. 


 


 

sumber : Reuters

x
ADVERTISEMENTS
1 2

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi