Sabtu, 20/04/2024 - 18:28 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ACEH

Lima Peran dan Tugas Humas dalam Perusahaan, Sobat Wajib Tahu Ini!!!

ADVERTISEMENTS

Peran humas sangat penting dalam menjaga hubungan antara organisasi dengan pihak luar

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

JAKARTA – Posisi pekerjaan hubungan masyarakat atau yang dikenal sebagai humas (public relation) merupakan suatu bagian, divisi, atau organisasi yang mengumpulkan, mengelola, dan menyebarkan informasi atau memberikan komunikasi yang baik kepada publik. Selain itu, humas juga dapat diartikan sebagai seni yang mengolah informasi dan bisa meningkatkan kepercayaan informasi terhadap sebuah perusahaan.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Peran humas sangat penting bagi suatu perusahaan sebab humas memiliki peran dalam menciptakan nama baik perusahaan. Tak hanya itu, humas juga berperan sebagai penghubung antara perusahaan dengan publik ataupun para investor.

ADVERTISEMENTS

Humas harus mampu menciptakan poin positif sehingga akan meningkatkan citra positif perusahaan di mata publik. Divisi humas selalu berhubungan erat dengan dunia luar sehingga ia akan lebih banyak menghabiskan waktu di lapangan. Mereka bertugas memberikan edukasi kepada semua orang untuk memperkenalkan kelebihan dan keunggulan dari suatu organisasi sehingga akan menarik minat banyak orang pada perusahaan tersebut.

Suksesnya sebuah perusahaan bisa dilihat dari bagaimana humas mempertahankan reputasi serta nama baik dari perusahaan di mata masyarakat. Karena itulah peran humas sangat krusial. Humas harus memberikan informasi berdasarkan fakta dan keakuratan tentang segala informasi dalam sebuah perusahaan. Informasi yang disampaikan pun harus benar dan tetap menjunjung tinggi etika agar informasi itu bisa diterima dengan mudah oleh publik.

Berita Lainnya:
Ketua TP PKK Aceh Serahkan Rumah Bantuan DWP untuk Nek Salamah

Peran humas sangat penting dalam menjaga hubungan antara organisasi dengan pemangku kepentingan dan masyarakat. Berikut lima tugas dan peran humas dalam perusahaan yang harus diketahui:

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

1. Membuat strategi komunikasi publik

Humas memiliki tugas penting dalam menyampaikan informasi mengenai perusahaan kepada stakeholder yang terkait dan kepada publik. Setiap bagian humas akan dilengkapi dengan contact center yang memungkinkan untuk menerima keluhan dan merupakan tempat di mana masyarakat atau publik dapat memperoleh informasi lengkap mengenai perusahaan.

2. Mengelola keadaan darurat

Saat hal yang kurang mengenakan terjadi, kondisi itu terkadang dapat merusak nama baik sebuah perusahaan. Maka di sinilah dibutuhkan peran penting humas. Kondisi yang seperti itu tentu sangat tidak diharapkan tapi bisa terjadi kapan saja.

Hal ini juga bisa terjadi karena adanya isu-isu negatif yang merajalela di dalam perusahaan sehingga dapat meluas ke masyarakat. Jika dibiarkan, situasi ini akan merusak citra perusahaan di mata publik. Peran humas dalam organisasi salah satunya adalah meredam dan mengatasi kondisi darurat agar kekacauan tidak semakin berkembang.

3. Sarana marketing yang andal

Humas juga menjadi bagian terpenting dalam strategi marketing sebuah organisasi, terutama bagi organisasi yang bergerak di bidang produksi produk. Humas bisa menjadi motor penggerak dalam meningkatkan penjualan produk. Selain itu ,citra positif organisasi atau perusahaan di mata masyarakat akan meningkat sehingga akan ada banyak orang yang mungkin ingin membeli sebuah produk yang dijual.

Berita Lainnya:
Resmikan Aula Serbaguna, Universitas BSI Siap Tingkatkan Prestasi Mahasiswa di Olahraga

4. Sarana penghubung media

Bagian humas atau public relation haruslah memiliki hubungan yang baik dengan rekan media. Humas dan media akan selalu bersinggungan. Apalagi jika ada perkembangan terbaru mengenai jalannya organisasi, sudah tentu para rekan media akan terlibat.

Untuk itu, humas memegang peranan dalam mengelola hubungan dengan para media. Humas harus bekerja sama dengan media untuk bisa menyiarkan perkembangan organisasi seluas luasnya.

5. Menjangkau kegiatan

Humas profesional terkadang melibatkan diri dalam sebuah kegiatan dengan membawa brand perusahaan. Hal semacam akan semakin memberikan pengaruh positif pada citra perusahaan. Banyak organisasi terjun menjadi sponsor yang juga merupakan bagian dari kegiatan organisasi agar lebih dikenal masyarakat luas. Dengan demikian organisasi bisa berkembang.

Jika kamu ingin menjadi bagian dari profesi humas, asahlah ketrampilan berkomunikasi sejak masih di bangku kuliah. Banyak kampus yang membuka program studi public relation salah satu kampus swasta besar di Jakarta, Universitas BSI (Bina sarana Informatika).

x
ADVERTISEMENTS
1 2

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi