Sabtu, 20/04/2024 - 05:55 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Minat Jadi Data Scientist? Ini Tren Data Science di 2022

ADVERTISEMENTS

Profesi data scientist banyak menjadi incaran perusahaan besar dalam dan luar negeri

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

JAKARTA — Data science merupakan suatu bidang ilmu yang mempelajari tentang manfaat data yang tertimbun begitu banyak, baik yang terstruktur ataupun tidak. Timbunan data ini akan digunakan sebagai rujukan dalam pengambilan keputusan.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Tren data science juga dapat menentukan arah bisnis masa depan sehingga bidang ilmu ini sangat menjadi perhatian di dunia bisnis. Berikut tren data science 2022 dan penjelasannya:

ADVERTISEMENTS

Small Data

Kumpulan data dengan format yang lebih kecil sering disebut small data. Akan tetapi, sekumpulan data kecil ini tetap mudah diakses dan diproses sehingga tetap dapat memberi informasi terkait solusi atas suatu permasalahan. Small data mudah untuk digunakan sebab terdiri dari potongan data dalam ukuran kecil.

Berita Lainnya:
Diam-diam PHK Pabrik Tekstil RI Makan Korban 1 Juta Orang Pekerja

TinyML

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Memiliki tenaga yang lebih hemat, TinyML masih termasuk dalam machine learning yang memiliki biaya lebih murah, juga dapat bekerja tanpa koneksi internet. TinyML merupakan kolaborasi antara sistem tertanam dengan konsumsi daya yang rendah.

Selain itu, teknologi perangkat lunak ini mampu menghidupkan miliaran perangkat. TinyML dapat digunakan untuk menganalisis data sensor pada perangkat dengan konsumsi daya yang sangat rendah. Berkat pengembangan TinyML lebih lanjut, model-model ini dapat dijalankan pada perangkat keras mikrokontroler yang ada.

Berita Lainnya:
Kampus Digital Bisnis UNM Ikut Ramaikan Program Pembinaan Wirausaha Mahasiswa 2024

Pengalaman pelanggan berbasis data

Bisnis e-commerce memiliki manfaat yang cukup kuat. Punya pengalaman belanja secara online tentu menyenangkan dan begitu memudahkan bagi pelanggan. Mengumpulkan data-data review dan testimoni dari para pelanggan memiliki manfaat dalam menemukan metode dan strategi baru dalam berbisnis. Tren ini akan menjadi fokus bagi para data scientist.

Konvergensi

Transformasi digital kini semakin nyata. Penggunaan miliaran data yang tertimbun menjadi bahan bakar dalam pengolahannya. Teknologi berinovasi untuk menemukan solusi-solusi terbaik bagi setiap permasalahan. Algoritma artificial intelligence memungkinkan perangkat internet of things (IoT) memainkan peran yang penting dalam hal ini.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi