IndonesianArabicEnglishRussianGermanChinese (Simplified)JapaneseTurkish

Penyebab Hepatitis Akut Belum Diketahui, Epidemiolog Imbau Waspada

Kasus hepatitis akut pada anak harus menjadi perhatian banyak pihak.

Kasus hepatitis akut pada anak harus menjadi perhatian banyak pihak.

 PURWOKERTO — Ahli epidemiologi lapangan dari Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) dr Yudhi Wibowo mengingatkan kasus hepatitis akut yang belum diketahui penyebabnya harus menjadi perhatian bagi seluruh pihak. “Harus menjadi kewaspadaan seluruh pihak, utamanya pemerintah daerah,” katanya di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Selasa (10/5/2022).


Pengajar di Fakultas Kedokteran Unsoed itu menambahkan hal tersebut sesuai dengan surat edaran dari Kementerian Kesehatan kepada seluruh pemerintah daerah melalui dinas terkait. “Perlu peningkatan surveilans kewaspadaan dini kasus yang dicurigai hepatitis misterius ini, terutama pada anak berusia di bawah 16 tahun,” katanya.


Ia mengatakan, pemerintah daerah perlu melakukan upaya sosialisasi dan edukasi yang simultan dan masif kepada seluruh lapisan masyarakat yang ada di wilayahnya masing-masing. “Dengan demikian masyarakat dapat ikut berperan aktif melakukan langkah-langkah pencegahan misalkan dengan pola hidup bersih sehat, tidak bergantian alat makan, mengonsumsi makanan yang matang dan bersih, menghindari kontak dengan orang sakit, rutin cuci tangan, dan berbagai langkah antisipasi lainnya,” katanya.


“Masyarakat juga dapat melakukan upaya lain seperti mengurangi mobilitas, menggunakan masker jika bepergian, menjaga jarak dengan orang lain, serta menghindari keramaian atau kerumunan,” tambahnya.

BACAAN LAIN:
Anggota DPR-RI Dek Gam Adakan Pertemuan dengan Kader PAN Aceh Jaya


Dia mengatakan langkah edukasi dapat dilakukan dengan cara yang sama seperti yang dilakukan untuk sosialisasi COVID-19. Pada saat ini pemerintah telah memiliki pengalaman sosialisasi COVID-19, dan terbukti efektif.


“Cara ini bisa dipakai untuk sosialisasi hepatitis akut, bisa menggunakan media apa saja, namun tentunya dengan bahasa yang mudah dipahami masyarakat,” katanya.

BACAAN LAIN:
Kronologi Peyerangan Harimau Terhadap Tim Patroli FKL


Ia juga menambahkan bahwa pemerintah daerah perlu melakukan upaya pemeriksaan dan penelusuran guna mencegah penyebaran hepatitis akut ini. “Untuk pemeriksaan memang belum bisa secara spesifik karena masih belum cukup bukti penyebab pastinya, masih dalam penelitian,” demikian kata Yudhi.

sumber : Antara

Sumber: Republika

0
senang
Senang
0
sedih
Sedih
0
terganggu
Terganggu
0
terkejut
Terkejut
0
parah
Parah
Penyebab Hepatitis Akut Belum Diketahui, Epidemiolog Imbau Waspada
Login

Halaman Login/Daftar Harian Aceh Indonesia, jika belum punya akun silahkan buat akun sekarang untuk memanfaatkan keistimewaannya, dan sepenuhnya gratis!