Sabtu, 20/04/2024 - 09:21 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

INTERNASIONALPALESTINA

Israel Berjanji Selidiki Kematian Jurnalis Abu Akleh

ADVERTISEMENTS

Israel tengah menyelidiki semua personel yang terlibat dalam operasi di Jenin.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

 TEL AVIV — Menteri Pertahanan Israel Benny Gantz berjanji akan melakukan penyelidikan komprehensif atas terbunuhnya jurnalis Aljazirah, Shireen Abu Akleh, saat tengah meliput operasi pasukan Israel di kamp pengungsi Palestina di Jenin, Tepi Barat, Rabu (11/5/2022). Dia mengatakan, semua bagian dari penyelidikan akan dipublikasikan.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah


“Kami mencoba mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi. Saya tidak memiliki kesimpulan akhir,” kata Gantz kepada awak media pada Rabu malam.

ADVERTISEMENTS


Gantz mengaku turut menyesali insiden penembakan yang menyebabkan Abu Akleh tewas. “Saat ini kami tidak tahu apa penyebab langsung kematian Shireen. Kami sangat tegas untuk melakukan penyelidikan skala penuh atas proses ini, dan kami berharap mendapatkan kerja sama Palestina dalam masalah ini. Tanpa laporan temuan patologis serra temuan forensik, akan sangat sulit bagi kami untuk mengetahui apa yang terjadi di lapangan,” ucapnya. 

Berita Lainnya:
Zelenskyy Sebut Tanpa Bantuan AS, Pasukan Ukraina Terpaksa Mundur Perlahan


Terkait kerja sama, Gantz meminta pejabat atau otoritas Palestina menyerahkan peluru yang menyebabkan Abu Akleh terbunuh. Pasca penembakan, Abu Akleh memang dilarikan ke rumah sakit Palestina.


Gantz mengungkapkan, saat ini Israel pun tengah menyelidiki semua personel yang terlibat dalam operasi di Jenin. “Sejauh ini kami belum memiliki kesimpulan akhir,” ujarnya.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil


Abu Akleh (51 tahun), jurnalis berkebangsaan Palestina dan berkewarganegaraan AS, tewas tertembak di kepala saat sedang meliput operasi penggerebekan pasukan Israel di Jenin, Tepi Barat. Seorang penyiar dan dua wartawan yang ada bersamanya saat kejadian menuding pasukan Israel yang menembaknya.

Berita Lainnya:
Sekjen PBB Kutuk Serangan Drone Israel Terhadap Tiga Pengamat UNIFIL di Lebanon


Militer Israel membantah bertanggung jawab. Mereka justru menyebut bahwa Abu Akleh tewas akibat peluru nyasar yang ditembakkan militan Palestina. Namun panglima militer Israel, Letnan Jenderal Aviv Kohavi, kemudian menarik pernyataan terkait militan Palestina. Dia mengatakan, tidak jelas siapa yang menembakkan peluru mematikan itu.


PBB, Uni Eropa, dan AS telah mengutuk aksi pembunuhan Abu Akleh. Mereka menyerukan adanya penyelidikan independen untuk mengusut kasus tersebut. Abu Akleh dilaporkan akan dimakamkan di tempat kelahirannya, yakni di Yerusalem, pada Kamis (12/5/2022).

sumber : AP

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi