Selasa, 16/04/2024 - 13:31 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EKONOMIFINANSIAL

Jasa Keuangan Tunjukkan Tren Positif, Kinerja OJK Diapresiasi  

ADVERTISEMENTS

Kinerja jasa keuangan menunjukkan indikator positif dalam triwulan I

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

 JAKARTA – Kinerja jasa keuangan dalam triwulan I tahun ini menunjukkan sejumlah indikator positif. Peran penting Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dalam menjaga stabilitas kinerja sektor jasa keuangan pun mendapatkan apresiasi dari banyak kalangan. 

ADVERTISEMENTS


“Seiring kian terkendalinya dampak pandemi Covid-19, OJK mampu mendorong peningkatan fungsi intermediasi di sektor perbankan dan industri keuangan non-bank (IKNB). Peran ini sangat strategis dalam upaya peningkatan pertumbuhan ekonomi setelah sempat terpuruk akibat Pandemi Covid-19,” ujar Wakil Ketua Komisi XI DPR Fathan Subchi, Rabu (11/5/2022). 

ADVERTISEMENTS
Promo Takjil Bank Aceh Syariah


Fathan mengatakan peningkatan fungsi intermediasi sektor perbankan dan IKNB bisa dilihat dari meningkatnya pertumbuhan kredit sebesar 6,67 persen yoy pada bulan Maret 2022 dengan seluruh kategori debitur mencatatkan kenaikan, terutama UMKM dan ritel. 

ADVERTISEMENTS
Promo Pembiayaan Ramadhan Ekstra Bank Aceh Syariah


Secara sektoral, mayoritas sektor utama mencatatkan kenaikan kredit secara mount to mounth (mtm), terutama perdagangan, manufaktur, dan rumah tangga masing-masing sebesar Rp20,2 triliun, Rp19,3 triliun, dan Rp16,7 triliun. 

Berita Lainnya:
Kadin Nilai THR untuk Pengemudi Ojek Online Kurang Tepat


“Tentu ini menjadi kabar baik karena pertumbuhan kredit di sektor UMKM dan ritel menjadi indikator jika ekonomi di kelas menengah-bawah benar-benar telah bergerak setelah mengalami mati suri akibat pandemi,” katanya.  

ADVERTISEMENTS
Ramadhan Berbagi Bersama Bank Aceh Syariah


Kepercayaan investor terhadap kinerja sektor jasa keuangan, kata Fathan juga mengalami peningkatan. Hal itu tercermin dari menguatnya indeks harga saham gabungan (IHSG) yang mencapai all time high di level 7.276. 

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses Pelantikan dan Setijab Mayjen TNI Niko Fahrizal


Selain itu penghimpunan dana di pasar modal di triwulan pertama melalui penawaran umum saham, sukuk, dan obligasi mencapai angka cukup tinggi di kisaran Rp85 triliun.

ADVERTISEMENTS
Semarak Ramadhan 1445 H bersama Bank Aceh Syariah, Diskon Belanja 50%


“Kepercayaan investor terhadap perekonomian domestik ini penting di tengah tekanan ekonomi global akibat perang Rusia-Ukraina yang tak kunjung berakhir,” katanya.  

ADVERTISEMENTS
Bank Aceh - Telkomsel, Beli Paket Data mulai dari 110K OMG melalui Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Periode 11 Maret - 11 April 2024


Optimisme investor ini, lanjut Fathan cukup wajar jika melihat sisi permodalan perbankan yang cukup solid. Hingga Maret lalu, permodalan perbankan jauh di atas threshold sebesar 24,80 persen. 

AADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil
Berita Lainnya:
Antisipasi Kepadatan Bakauheni-Merak, Kemenhub Siapkan Rute Panjang-Ciwandan


Begitu pula gearing ratio perusahaan pembiayaan yang tercatat sebesar 1,94 kali atau jauh di bawah batas maksimum 10 kali. “Stabilitas permodalan perbankan maupun penyedia jasa keuangan lainnya ini penting untuk menciptakan kenyamanan bagi para debitur maupun kreditur,” katanya.  


Politisi PKB ini pun mendorong OJK untuk terus meningkat kualitas asemen terhadap pelaku sektor jasa keuangan. Selain itu OJK juga harus sigap mengeluarkan berbagai kebijakan yang dibutuhkan pelaku industri jasa keuangan. 


“Kita terus harapkan berbagai langkah dan kebijakan dari OJK bisa menjadi katalis bagi kebangkitan ekonomi dalam negeri setelah sempat terpuruk akibat pandemi Covid-19 dalam dua tahun terakhir,” kata dia.       

sumber : Antara

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi