Kamis, 18/04/2024 - 14:21 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EKONOMIFINANSIAL

LPEM UI: BI Perlu Perhatikan Timing untuk Naikkan Suku Bunga Acuan

ADVERTISEMENTS

Kenaikan suku bunga acuan yang terlalu cepat bisa menganggu proses pemulihan ekonomi.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

 JAKARTA — Ekonom Makroekonomi dan Pasar Keuangan Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat (LPEM) Universitas Indonesia Teuku Riefky mengatakan Bank Indonesia perlu memperhatikan timing dalam meningkatkan suku bunga acuan BI 7 Days Repo Rate.”Jangan sampai BI menaikkan suku bunga terlalu cepat atau terlalu lambat, jadi timing ini perlu sangat diperhatikan,” kata Riefky kepada Antara, Jumat (13/5/2022).

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah


Ia mengatakan apabila BI menaikkan suku bunga acuan terlalu cepat, proses pemulihan ekonomi dari dampak Covid-19 yang saat ini terjadi dapat terganggu.”Kalau terlalu lambat ini akan memiliki risiko inflasinya akan tumbuh terlalu tinggi,” katanya.

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
UMKM Pakaian di Tangerang Raup Rp 90 Juta Selama Ramadhan


Kapan tepatnya BI harus menaikkan suku bunga, menurut dia, akan bergantung pada bagaimana pemerintah menjaga inflasi agar tidak terlalu tinggi hingga menekan daya beli masyarakat serta menahan laju pemulihan ekonomi. Oleh karena itu, Riefky memperkirakan BI akan mulai menaikkan suku bunga acuan pada semester II-2022.


“Kita sudah melihat sejauh ini inflasi sudah meningkat dalam tahap yang cukup cepat, kalau tidak terkontrol akan mempengaruhi daya beli masyarakat, mempengaruhi kapasitas produksi sektor riil, sehingga kemudian inflasi ini perlu dikendalikan,” katanya.

Berita Lainnya:
DPD RI: Penentuan KEK Harus Disertai Dukungan Anggaran


Menurut dia, pemerintah juga perlu mempertimbangkan kesanggupan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dalam meredam dampak inflasi kepada daya beli masyarakat.”Kita lihat harga-harga tinggi ini perlu dibantu fiskalnya untuk menerapkan subsidi yang lebih well targeted,” katanya.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil


 

sumber : Antara

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi