Rabu, 24/04/2024 - 03:33 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ACEH

Pakar Serukan Berhenti Minum Suplemen Kalsium, Kenapa?

ADVERTISEMENTS

Kalsium yang diberikan dalam bentuk suplemen bisa berbahaya.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

JAKARTA — Profesor di bidang epidemiologi dari King’s College London, Tim Spector, mengimbau agar masyarakat berhenti mengonsumsi suplemen kalsium. Prof Spector mengungkapkan bahwa konsumsi suplemen kalsium memberikan dampak buruk bagi kesehatan jantung dan pembuluh darah.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Pernyataan ini didasarkan pada sebuah studi yang telah dipublikasikan dalam BMJ. Studi ini menunjukkan bahwa konsumsi suplemen kalsium bisa memicu timbulnya masalah kardiovaskular.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

“Suplemen kalsium buruk untuk jantung dan pembuluh darah Anda,” ungkap Prof Spector, seperti dilansir Express, Rabu (18/5/2022).

ADVERTISEMENTS

Temuan dalam studi terbaru ini menambah lebih banyak bukti bahwa kalsium yang diberikan dalam bentuk suplemen bisa berbahaya. Prof Spector mengatakan pemberian suplemen kalsium perlu dihentikan, meski diberikan bersamaan dengan vitamin D. Fungsi dari vitamin D adalah membantu tubuh menyerap kalsium lebih mudah.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil
Berita Lainnya:
2024, PUPR Aceh Barat Bangun 600 WC Untuk Warga Kurang Mampu

Dalam studi ini, tim peneliti berupaya untuk mengidentifikasi hubungan antara suplemen kalsium dan vitamin D dengan perkembangan dan kematian terkait stenosis aorta. Stenosis aorta atau stenosis katup aorta terjadi ketika katup aorta jantung menyempit.

Kondisi tersebut membuat katup aorta tidak bisa terbuka sepenuhnya. Dampaknya, aliran darah dari jantung ke arteri utama tubuh yaitu aorta menjadi berkurang atau terhambat. Hal ini akan membuat aliran darah ke seluruh tubuh juga ikut bermasalah.

Partisipan dalam studi ini merupakan pasien stenosis aorta ringan hingga sedang yang sudah berusia 60 tahun ke atas. Para partisipan dibagi ke dalam tiga kelompok berdasarkan konsumsi suplemen kalsium dan vitamin D mereka. Kelompok pertama tidak mengonsumsi suplemen, kelompok kedua mengonsumsi suplemen vitamin D, kelompok ketiga mengonsumsi suplemen kalsium dan vitamin D.

Berita Lainnya:
Pj Wali Kota Serahkan Bonus Rp 2,5 M bagi Atlet Peraih Medali PORA

Hasil studi menunjukkan bahwa suplementasi kalsium dan vitamin D berkaitan dengan risiko kematian akibat semua penyebab yang lebih tinggi. Suplementasi kalsium dan vitamin D juga tampak meningkatkan risiko kematian akibat penyakit kardiovaskular dan risiko penggantian katup aorta (AVR) meningkat.

“Suplemen kalsium, dengan atau tanpa vitamin D, berkaitan dengan harapan hidup yang lebih rendah dan AVR yang lebih besar pada pasien lansia dengan AS (stenosis aorta) ringan hingga sedang,” jelas tim peneliti.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi