Rabu, 24/04/2024 - 22:43 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EKONOMIENERGI

PLN DKI Gandeng Swasta Dirikan Lima Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik

ADVERTISEMENTS

Lima Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) akan dibangun di Jakarta

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

JAKARTA – PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jakarta Raya menggandeng PT High Volt Technology (HVT) untuk mendirikan lima Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di sekitar Jakarta.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA


“Ini sesuai penugasan pemerintah untuk mengembangkan ekosistem Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) di Indonesia. PLN akan bekerja sama dengan semua pihak melalui beberapa skema usaha dalam penyediaan SPKLU,” kata General Manager PLN UID Jakarta Raya Doddy B. Pangaribuandalam keterangan resmi, di Jakarta, Selasa (31/5/2022).

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah


Lima SPKLU itu yaitu di tempat istirahat (rest area) km 10,8, tempat istirahat km 7, pusat perbelanjaan Kota Kasablanka, Prestige Motor Pluit, dan Perkantoran Cilandak Bisnis Square (Cibis).

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
KAI Tawarkan Hak Penamaan Eksklusif Stasiun LRT Kepada Perusahaan


Perjanjian kerja sama ditandatangani Doddy dengan Direktur Utama PT HVT Cawir Damai Ginting pada Jumat (27/5/2022) dan memiliki skema Provide, Privately Owned, and Operated (PPOO) Model 1. Artinya, PLN menyediakan dan menjual tenaga listrik serta menyediakan platform teknologi informasi dan komunikasi di SPKLU, sedangkan PT HVT menyiapkan lokasi serta menyediakan, mengoperasikan, dan memelihara SPKLU.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil


Sistem teknologi informasi dan komunikasi yang disiapkan PLN dalam proses pengisian daya kendaraan listrik yaitu melalui menu Electric Vehicle pada aplikasi PLN Mobile. Pada aplikasi tersebut prosesnya bisa dilakukan dengan mudah dengan beberapa metode pembayaran non tunai.


Doddy menambahkan, pihaknya siap menjalin kerja sama dengan pihak swasta dalam membangun SPKLU. Menurutnya ketersediaan SPKLU di berbagai tempat strategis menjadi jawaban akan kekhawatiran masyarakat akan kesiapan Indonesia saat era kendaraan listrik.

Berita Lainnya:
Pengguna Mobil Listrik Perlu Tahu, Ini 49 SPKLU di Sepanjang Trans Jawa Demi Mudik Lancar


Sampai 2026, secara nasional direncanakan ada 150 SPKLU yang akan dibangun oleh HVT sebagai bentuk komitmen. Doddy menambahkan bahwa secara ketersediaan pasokan listrik, di Jakarta sangat cukup. PLN membuka peluang bagi swasta untuk turut berperan serta dalam pengembangan KBLBB.


PLN membuka peluang bagi pihak yang ingin mendirikan SPKLU, baik yang dimiliki oleh badan usaha maupun yang dikelola bersama oleh PLN dengan cara bisa menghubungi PLN atau mengakses laman Jika badan usaha sudah memiliki SPKLU dan akan melakukan penyambungan baru listrik untuk operasional internal badan usaha, maka dapat mendaftar melalui aplikasi PLN Mobile.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi