Sabtu, 20/04/2024 - 16:02 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

DIGITALEKONOMI

Tetap Digemari Investor, Harga Bitcoin Mulai Stabil

ADVERTISEMENTS

Karena para trader yang memandang bitcoin sebagai kripto kategori blue chip.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

 JAKARTA — Bitcoin masih menjadi aset kripto yang paling digemari dalam kondisi pasar yang buruk. Kini bitcoin telah menguasai 46 persen pasar kripto akibat perpindahan investor ke kelompok aset yang lebih aman sepanjang bulan Mei.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

“Meskipun harga bitcoin selama Mei telah menurun sebesar 18 persen, bitcoin masih mengalahkan kinerja sebagian besar pasar kripto, karena para trader yang memandang bitcoin sebagai kripto kategori blue chip,” kata Country Manager, Luno Indonesia, Jay Jayawijayaningtiyas, Jumat (3/6/2022). 

ADVERTISEMENTS

Adapun indeks Kapitalisasi Besar menurun 24 persen, indeks Kapitalisasi Menengah turun 28 persen, dan Indeks Kapitalisasi Kecil menjadi indeksi berkinerja terburuk usai turun 33 persen.

Kinerja pasar yang lebih buruk dibandingkan bitcoin ini mengakibatkan naiknya dominasi bitcoin dari 42,5 persen pada awal Mei menjadi 45,9 persen. Dominasi ini belum terjadi sejak Oktober tahun lalu.

Mei diawali dengan kurang baik akibat jatuhnya Luna serta kekacauan di pasar keuangan. Akibatnya, sebagian besar aset kripto menurun dalam persentase sebanyak dua digit poin dalam beberapa hari.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Penurunan tajam ini hanya berlangsung selama beberapa hari. Kondisi pasar mulai stabil pada pertengahan bulan, bahkan sempat mengalami rebound dalam beberapa hari terakhir. 

Berita Lainnya:
Bakal Ada Diskon Tarif Tol Saat Arus Mudik, Ini Kata Jasa Marga

Indeks Fear and Greed kini berada di angka 16, naik dari angka 12 di minggu lalu. Dengan demikian, indeks telah berada di zona extreme fear selama hampir sepanjang Mei, dengan 26 hari berturut-turut berada di zona extreme fear – yang terpanjang sejak April 2020. 

Periode sentimen negatif pasar yang berkepanjangan ini bukanlah hal yang aneh. Namun biasanya, waktu-waktu ini akan diinterupsi oleh kenaikan sentimen. Bisa disimpulkan, para pelaku pasar tidak memiliki optimisme sama sekali pada Mei.

“Saat ini Indeks Fear and Greed masih berada di level Extreme Fear. Satu hal yang menarik pekan ini, selaras dengan dominasi bitcoin di pasar spot/harian, minat di pasar derivatif untuk kontrak berjangka Bitcoin juga terus bertumbuh hingga mencapai 63 persen,” kata Jay.

Setelah menanjak ke level tertingginya sejak Mei 2021 dua pekan lalu, volume spot mingguan bitcoin kini bergerak stabil pada level normal tahun 2022, yaitu di kisaran 4 miliar dolar AS – 5 miliar dolar AS (sekitar Rp 58 triliun – Rp 72 triliun). 

Bitcoin masih dipertukarkan dengan volatilitas rendah di tengah kondisi pasar yang mulai tenang usai penurunan yang terjadi di awal Mei. Volume spot telah kembali ke level normalnya dan harga bitcoin stabil di kisaran 30.000 (sekitar Rp 435 juta). 

Berita Lainnya:
Jaga Kelancaran Pasokan BBM dan LPG, PIS Siapkan 326 Kapal

Namun pada Senin, bitcoin mengalami kenaikan harian tertingginya sejak Maret, dengan kenaikan harga sebesar 7,8 persen. Kenaikan harga yang demikian disambut dengan baik oleh para pelaku pasar yang masih penuh kewaspadaan.

Setelah harga sempat jatuh di permulaan Mei, bitcoin kini stabil di kisaran 30.000 dolar AS (sekitar Rp 435 juta) dan berada di rentang 29.000 dolar AS (sekitar Rp 421 juta) dan 30.500 dolar AS (sekitar Rp 443 juta). Jika harga terus bergerak naik, resistance berikutnya ada di angka 34.500 dolar AS (sekitar Rp 501 juta), yang menjadi support bitcoin di awal 2022. 

Jika harga terus naik, maka level resistance yang perlu diperhatikan berikutnya adalah 38.000 dolar AS (sekitar Rp 552 juta), yang beberapa kali sempat menjadi level support di tahun ini. Jika harga bergerak ke bawah, 29.000 dolar AS (sekitar Rp 421 juta) telah menjadi level support yang kuat sepanjang paruh akhir bulan Mei.


 

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi