Kamis, 25/04/2024 - 15:23 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EKONOMIPERTANIAN

Kementan Tanam Jagung Perdana di Wilayah Khusus Kabupaten Karawang

ADVERTISEMENTS

Kementan menggelar tanam perdana komoditas jagung di Desa Tanjung Pakis Karawang

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

 KARAWANG – Kementerian Pertanian (Kementan) menggelar tanam perdana komoditas jagung di Desa Tanjung Pakis, Kecamatan Pakisjaya, Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Kegiatan ini merupakan rangkaian pengembangan wilayah khusus di Provinsi Jawa Barat Tahun Anggaran 2022.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA


Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) mengatakan pemerintah mendorong masyarakat agar melakukan penanaman secara terpadu, baik pada saat pengambilan bibit maupun penjualan hasil panen. “Saya mau bilang pertanian itu hebat, Bapak. Kalau kita mau memperbaiki ekonomi keluarga, mau membangkitkan semangat rakyat jawabanya ya pertanian, Bapak,” ujar SYL, Sabtu (11/6/2022).

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Kementan Alokasikan 4.532 Ton Pupuk Subsidi untuk Papua Barat


SYL mengatakan dari 200 hektare yang direncanakan, penanaman jagung di wilayah khusus Karawang ini diharapkan bisa meluas jadi 1.000 hektare. Apalagi Karawang merupakan Kabupaten subur yang memiliki kecukupan air relatif banyak.

ADVERTISEMENTS


Terkait modal, kata SYL, masyarakat bisa mengakses permodalannya melalui program Kredit Usaha Rakyat (KUR) pertanian yang memiliki bunga rendah. Layanan ini bisa diakses petani dan masyarakat pada umumnya yang serius dalam mengembangkan usaha tani.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil


“Jagung itu menjanjikan, Bapak. Satu hektare itu hasilnya Rp 14 juta. Karena satu hektare jagung menghasilkan enam ton. Enam ton dikali Rp 5.000 itu Rp 60 juta. Berapa ongkosnya ini mulai dari bibit, pupuk, obat-obatan tidak lebih dari Rp 8 juta. Tapi jangan juga kira menunggu bantuan. Uang pemerintah sedikit. Uang pembiayaan pakai KUR saja,” katanya.

Berita Lainnya:
Mentan-Wamenhan Panen Padi di Tengah Guyuran Hujan di Merauke  


Menurut SYL, pertanian selama ini adalah sektor yang memiliki banyak keuntungan. Pertanian termasuk menjadi sektor penyumbang utama dalam menumbuhkan ekonomi nasional yang sempat terperosok akibat pandemi Covid-19 yang melanda dunia.


“Selama Covid yang menyumbang republik ini sehingga inflasi tidak naik termasuk di dunia paling baik karena pertanian sebagai bantalannya, Pak. Pertanian yang naik 16,42. Ekspor pertanian naik 38 persen dan menyumbang di atas 2.000 triliun,” ujarnya.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi