Sabtu, 20/04/2024 - 09:31 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

BISNISEKONOMI

PLN Pastikan Pasokan Listrik Dukung MXGP Samota

ADVERTISEMENTS

Kesiapan PLN untuk memasok listrik gelaran akbar tersebut telah mencapai 83,3 persen.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

 MATARAM — PT PLN (Persero) siap untuk pasok listrik guna mendukung kegiatan internasional Motocross Grand Prix (MXGP) Indonesia di Samota, Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, pada 24-26 Juni 2022.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

“Kesiapan PLN untuk memasok listrik gelaran akbar tersebut telah mencapai 83,3 persen, baik dari sisi jaringan maupun cadangan pembangkit listrik. Beberapa pekerjaan sedang dilakukan secara bertahap untuk menuntaskan kesiapan PLN, yakni kesiapan pendukung suplai dan jaringan di dalam venue,” kata Manajer PLN NTB Sudjarwo, di Mataram, Ahad (12/6/2022).

ADVERTISEMENTS

Ia mengatakan, untuk memenuhi kebutuhan listrik MXGP, pihaknya membangun dua jalur distribusi Jaringan Tegangan Menengah (JTM) masing masing sepanjang 0,5 kilometer (km), 1 km Jaringan Tegangan Rendah (JTR) dan beberapa peralatan untuk melayani pelanggan dari tegangan 20 kilo Volt (kV). Kebutuhan tersebut sesuai dengan hasil survei awal yang telah dilaksanakan oleh PLN pada Januari 2022, di mana penyelenggaraan event tersebut akan memerlukan daya sebesar 1,38 mega Volt Ampere (MVA).

Berita Lainnya:
PLTU Cirebon Siap Jaga Pasokan Listrik Nasional Saat Lebaran 2024

“Kondisi saat ini, jaringan telah selesai terbangun. Komitmen PLN untuk siap melistriki seluruh event, baik nasional maupun internasional yang akan digelar di NTB. Kami akan siapkan infrastrukturnya, baik di sisi pembangkitan, transmisi maupun distribusi,” ujarnya.

Sudjarwo juga menjelaskan telah membuat rencana pekerjaan dengan mempertimbangkan segala aspek dan resiko, agar listrik ke Samota dapat disuplai sesuai dengan waktu dan daya yang dibutuhkan oleh pihak penyelenggara.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Total estimasi untuk menyelesaikan keseluruhan pekerjaan akan memerlukan waktu kurang lebih 2-3 minggu. “Kami pastikan semuanya berjalan sesuai jadwal. Sampai saat ini, realisasi pekerjaan di lapangan masih sesuai dengan jadwal yang kami buat. Dalam waktu dua minggu ke depan, infrastruktur kelistrikan diharapkan bisa selesai,” ucapnya.

Ia menambahkan untuk keandalan suplai kelistrikan yang andal selama gelaran berlangsung, PLN menyiapkan enam unit Uninterruptible Power Supply (UPS) kapasitas total 760 kVA, delapan Unit Gardu Bergerak (UGB) kapasitas total 1700 kVA dan lima buah genset kapasitas 1600 kVA yang didatangkan dari Taliwang dan Mataram. Sebagian besar dari peralatan itu telah berada di lokasi, dan beberapa peralatan yang lain sedang disiapkan secara bertahap.Di sisi jaringan, PLN juga telah melakukan pemeliharaan peralatan di Gardu Induk (GI) Sumbawa dan GI Labuhan serta rehabilitasi jaringan yang akan menyuplai listrik gelaran MXGP secara intensif.

Berita Lainnya:
PLN: Beban Listrik Jakarta Meningkat 39,3 Persen Usai Lebaran

Untuk kebutuhan personel, PLN telah menyiapkan 327 orang personel yang saat ini telah siap di Sumbawa. Mereka akan siaga di 10 lokasi tersebar. “Titik-titik yang memerlukan listrik tersebar di lokasi yang sangat luas. Kita akan kerahkan semua sumber daya untuk menyukseskan acara ini. Apabila diperlukan, personil tambahan akan didatangkan dari luar,” kata Sudjarwo.

Sebelumnya, untuk mendukung event MXGP Indonesia di Samota Sumbawa, PLN juga telah menandatangani nota kesepahaman dengan PT Samota Enduro Gemilang, salah satu perusahaan yang bergerak di bidang pariwisata dan event terkait layanan kelistrikan yang diperlukan untuk gelaran MXGP.


 

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi