IndonesianArabicEnglishRussianGermanChinese (Simplified)JapaneseTurkish

Psikolog Sebut Gaya Hidup Pengaruhi Kecenderungan Penggunaan Narkoba

Psikolog Sebut Gaya Hidup Pengaruhi Kecenderungan Penggunaan Narkoba
Bagikan

Bagikan Artikel Ini

atau salin tautannya

Gaya hidup ialah salah satu faktor yang pengaruhi kecenderungan orang pakai narkoba.

JAKARTA — Mengapa orang bisa terjerat candu narkoba? Psikolog dari Universitas Indonesia Kasandra A Putranto mengatakan bahwa gaya hidup yang buruk dapat menjadi salah satu faktor yang memengaruhi kecenderungan seseorang untuk menggunakan, bahkan hingga kecanduan narkoba.


“Gaya hidup yang dimaksud adalah gaya hidup yang kacau, misalnya karena pengangguran, kesulitan keuangan, melakukan kejahatan, dan hubungan sosial yang berpusat di sekitar penggunaan narkoba,” ujar Kasandra saat dihubungi Antara pada Senin (13/6/2022).


Kasandra menjelaskan, jejaring sosial yang dimiliki seseorang juga memainkan peran kunci dalam menentukan jenis gaya hidup yang dijalani. Oleh karenanya, tingkat penggunaan obat-obatan terlarang di jejaring sosial juga dapat memengaruhi tingkat penggunaan oleh seseorang individu. Selain itu, faktor keluarga juga dapat berperan.

BACA JUGA:
Pengolah Ikan Asin Leupung Terima Penghargaan Anugerah Halal MPU Aceh


“Faktor-faktor seperti tekanan teman sebaya, pelecehan fisik dan seksual, paparan dini terhadap obat-obatan, stres, dan bimbingan orang tua dapat sangat memengaruhi kemungkinan seseorang menggunakan dan kecanduan narkoba,” katanya.


Di samping itu, gejala depresi, seperti suasana hati yang buruk, juga dapat menyebabkan seseorang menyalahgunakan obat-obatan. Menurut Kasandra, mengonsumsi narkoba pada usia berapa pun dapat menyebabkan kecanduan. Semakin dini penggunaan narkoba dimulai, maka semakin besar kemungkinannya untuk berkembang menjadi kecanduan.

BACA JUGA:
Pemkab Aceh Barat Sosialisasi PP Nomor 94 Tahun 2021 Tentang Disiplin PNS


“Hal ini terutama bermasalah bagi remaja. Karena area di otak mereka yang mengontrol pengambilan keputusan, penilaian, dan pengendalian diri masih berkembang, remaja mungkin sangat rentan terhadap perilaku berisiko, termasuk mencoba narkoba,” ujar Kasandra.


sumber : Antara

Sumber: Republika

0
senang
Senang
0
sedih
Sedih
0
marah
Marah
0
waduh
Waduh
0
sakit
Sakit
Psikolog Sebut Gaya Hidup Pengaruhi Kecenderungan Penggunaan Narkoba
Masuk Login

Log in or create an account now to take advantage of its privileges, and it's completely free!