Rabu, 17/04/2024 - 06:28 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

BISNISEKONOMI

Kenaikan Harga Cabai Makin tak Terbendung

ADVERTISEMENTS

Harga cabai dan beberapa jenis sayur di pasar tradisional terus naik

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

 UNGARAN — Dalam sepekan terakhir,harga komoditas cabai semakin ‘pedas’ setelah kembali mengalami lonjakan. Di sejumlah pasar tradisional yang ada di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah harga cabai masih tetap tinggi.

ADVERTISEMENTS


Berdasarkan pantauan harga di lapangan, harga cabai rawit merah menjadi komoditas yang harganya paling tinggi dibandingkan dengan jenis cabai lainnya. “Untuk cabai rawit merah saat ini- tembus Rp 87.000 hingga Rp 90.000 per kilogram,” ungkap Masduki (45), salah seorang pedagang di Pasar Babadan, Kabupaten Semarang, Senin (13/6/2022).

ADVERTISEMENTS
Promo Takjil Bank Aceh Syariah


Menurutnya hampir semua jenis cabai juga sedang mengalami kenaikan harga. Selain cabai rawit merah, kenaikan harga yang tergolong tinggi terjadi pada cabai merah keriting.

ADVERTISEMENTS
Promo Pembiayaan Ramadhan Ekstra Bank Aceh Syariah


Harga cabai merah keriting saat ini sudah mencapai Rp 58.000 per kilogram dan harga jenis cabai rawit hijau terpantau mencapai Rp 62.000 per kilogram. Sebelumnya, usai lebaran awal Mei 2022 lalu harga cabai keriting merah hanya Rp 35.000 per kilogram, sedangkan harga cabai rawit hijau hanya berkisar Rp 36.000 per kilogram.

Berita Lainnya:
Beri Kemudahan Pemudik, Serambi My Pertamina Hadir di 6 Rest Area Tol


“Harga cabai mulai mengalami kenaikan sejak masuk bulan Juni,” ungkap Masduki.

ADVERTISEMENTS
Ramadhan Berbagi Bersama Bank Aceh Syariah


Di Pasar Bandarjo Ungaran, harga cabai juga mengalami meroket. Untuk saat ini harga cabai rawit merah mencapai Rp 90.000 per kilogram.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses Pelantikan dan Setijab Mayjen TNI Niko Fahrizal


Komoditas cabai rawit hijau harga saat ini mencapai Rp 62.000 per kilogram. Sedangkan untuk cabai rawit merah keriting saat ini berkisar Rp 62.000 hingga Rp 65.000 per kilogram.   

ADVERTISEMENTS
Semarak Ramadhan 1445 H bersama Bank Aceh Syariah, Diskon Belanja 50%


Beberapa pekan terakhir, harga dari pemasok memang sudah naik dan puncaknya mulai pekan kemarin. “Dari harga di tingkat pedagang saat ini, kami hanya mengambil untung sekitar Rp 5.000 rupiah per kilogram,” ungkap Mujiyati (52), salah seorang pedagang di Pasar Bandarjo.

ADVERTISEMENTS
Bank Aceh - Telkomsel, Beli Paket Data mulai dari 110K OMG melalui Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Periode 11 Maret - 11 April 2024
Berita Lainnya:
PLN Imbau Warga Amankan Instalasi Listrik Antisipasi Cuaca Ekstrem


Ia mengungkapkan, selain cabai sejumlah komoditas hortikultura lainnya juga terpantau mengalami kenaikan dalam sepekan terakhir. Bayam saat ini juga mengalami kenaikan meski di angka Rp 2.000 per ikat.

AADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil


Saat ini harga sayur bayam sudah mencapai kisaran Rp 9.000 hingga Rp 10.000 per ikat. Padahal di tingkat pedagang pasar sebelumnya hanya dijual Rp 7.000 per kilogram. Sawi pun juga ikut mengalami kenaikan harga. Berdasarkan penuturan pemasok, naiknya harga beberapa jenis sayuran akhir- akhir ini disebabkan kesulitan panen yang dialami para petani di sejumlah daerah penghasil.


Termasuk juga untuk komoditas cabai, juga mengalami penurunan produksi karena faktor cuaca. “Sehingga ketersediaan dan pasokannya pun juga tidak seperti biasanya,” jelas Mujiyati.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi