Jumat, 19/04/2024 - 22:18 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

BISNISEKONOMI

SingTel Pimpin Team Proyek Investasi Telkomsel di GoTo

ADVERTISEMENTS

Dalam investasi Telkomsel di Gojek tidak memerlukan persetujuan dari pemegang saham,

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

JAKARTA–Proses pengambilan keputusan investasi Telkomsel di Gojek senilai Rp 6,4 triliun ternyata telah diketahui dan disetujui oleh Singapore Telecommunications Limited (SingTel). Bahkan usulan ini diketuai oleh Komite Investasi yang diketuai oleh Direksi yang membawahi Bisnis Digital yang merupakan perwakilan dari SingTel.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah


Hal tersebut terungkap dalam Rapat Panja Investasi BUMN pada Perusahaan Digital Komisi VI DPR RI dengan PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk dan PT Telekomunikasi Selular, Selasa (14/6/2022).

ADVERTISEMENTS


Dalam presentasi dari Telkom diketahui bahwa terdapat hiekarki pengambilan keputusan untuk investasi strategis di Telkomsel. Prosesnya dimulai dari team project yang diketuai oleh Direktur Planning & Transformation Telkomsel yang membawahi Bisnis Digital. Direktur ini merupakan perwakilan dari SingTel. Dalam perjalanannya usulan investasi di Gojek disetujui oleh seluruh Dewan Direksi melalui mekanisme keputusan kolektif kolegial pada Rapat Direksi Telkomsel. Dalam struktur Direksi Telkomsel terdapat 5 orang wakil Telkom dan 3 orang wakil dari SingTel.

Berita Lainnya:
Kemenparekraf: Kunjungan Wisata Tertinggi di Jawa Selama Libur Lebaran


Keputusan dari Rapat Direksi Telkomsel tersebut kemudian diminta persetujuan dari Komisaris Telkomsel. Dalam struktur komisaris terdapat 4 orang wakil Telkom dan 2 orang wakil dari SingTel.”Investasi Telkomsel di GoTo memerlukan persetujuan dengan sepengetahuan (acknowledge approval) di level Direksi dan Komisaris serta membutuhkan persetujuan dari Pemegang Saham dengan mempertimbangkan nilai materiil dari transaksi,” tulis presentasi tersebut.


Namun, dalam investasi Telkomsel di Gojek tidak memerlukan persetujuan dari pemegang saham, yakni Telkom dan SingTel. Sebabnya, persetujuan Pemegang Saham hanya perlu dilakukan apabila Telkomsel meminta pendanaan dari Telkom atau nilai transaksi melebihi batasan tertentu yakni melebihi 12,5 persen dari ekuitas atau melebihi dari 10 persen pendapatan bagi Telkomsel. Telkom menggenggam 65 persen saham di Telkomsel, sementara SingTel memiliki 35 persen.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil
Berita Lainnya:
Sandiaga Incar Kunjungan Wisatawan Mancanegara Tembus Rekor


Dalam presentasi tersebut juga dinyatakan bahwa investasi Telkomsel tervalidasi dengan berbagai perusahaan terkemuka dari seluruh dunia yang berinvestasi di GoTo. Investor tersebut masuk ke Goto sebelum maupun setelah Telkomsel. Beberapa nama terkenal antara Astra International, SoftBank, Sequoia, Alibaba, Djarum, GIC, dan Mandiri Capital. Selain itu ada juga Mitsubishi, Google, Visa, AIA, dan Bluebird.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi