Kamis, 25/04/2024 - 17:03 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EKONOMIGLOBAL

Kalah di WTO, India Capai Kesepakatan Awal

ADVERTISEMENTS

WTO mengatakan pihaknya yakin lebih banyak kesepakatan global

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

 JENEWA — Anggota utama Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) mencapai kesepakatan awal pada Kamis (16/6/2022), dengan menang atas India. WTO mengatakan pihaknya yakin lebih banyak kesepakatan global dapat dicapai ketika negosiasi tentang penangkapan ikan, vaksin, dan keamanan pangan.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA


Seperti dilansir dari Reuters, Jumat (17/6/2022), para menteri dari lebih dari 100 negara berkumpul di markas pengawas perdagangan global di Jenewa pada 12-15 Juni untuk pertama kalinya dalam lebih dari empat tahun terakhir menyetujui aturan perdagangan baru. Itu menjadi suatu prestasi yang menurut banyak orang tidak mungkin terjadi di era ketegangan geopolitik yang tinggi.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah


Sebanyak 164 negara anggota semuanya harus menyetujui aturan baru untuk disahkan yang berarti bahwa satu anggota saja yang dapat memblokir transaksi. Namun, kesepakatan sementara untuk memperpanjang moratorium penerapan bea pada transmisi elektronik hingga setidaknya 2023 tercapai meskipun sebelumnya ditentang oleh New Delhi.

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Puncak Arus Mudik Sudah terjadi Jalan Tol Trans Sumatera


Menteri Perdagangan India Piyush Goyal, yang telah mengambil sikap menantang pada berbagai topik awal pekan ini, mengatakan kepada wartawan bahwa dia mengharapkan lebih banyak keputusan yang solid akan datang.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil


New Delhi, yang memiliki sejarah menghalangi negosiasi multilateral, sebelumnya telah berpegang teguh pada tuntutan lama untuk mempertahankan subsidi untuk perikanan dan pertanian dan mendorong reformasi ekstra, kata sumber perdagangan.


India menyatakan sedang berjuang untuk melindungi mata pencaharian di negara-negara berkembang. Delegasi lebih optimis pada hari Kamis tentang paket kesepakatan dengan kemungkinan pertukaran, tanpa menentukan kompromi apa yang akan terjadi. 


Komisaris perdagangan Uni Eropa Valdis Dombrovskis mentweet bahwa para anggota semakin dekat. 


Negosiator berada dalam pembicaraan yang intens di apa yang disebut ‘Ruang Hijau’ WTO hampir sepanjang malam. Perwakilan Dagang AS Katherine Tai dan Menteri Perdagangan China Wang Wentao tidak lagi berada di Jenewa, kata sumber di WTO.

Berita Lainnya:
Jokowi Pastikan Stok Beras Bulog Aman


Negosiasi dilanjutkan sekitar pukul 07:00 GMT Kamis (16/6/2022) waktu setempat dan diperkirakan akan selesai pada malam hari, tambah mereka.


Salah satu hasil yang mungkin dari pembicaraan itu adalah versi singkat dari kesepakatan yang dirancang untuk mengekang subsidi penangkapan ikan yang menyebabkan penangkapan ikan berlebihan, sebuah dokumen yang dilihat oleh Reuters menunjukkan.


Yang lainnya adalah pengabaian sebagian hak kekayaan intelektual untuk vaksin Covid-19 yang dirancang untuk memungkinkan negara-negara berkembang memproduksinya dan berjanji untuk meredakan krisis ketahanan pangan meskipun pergumulan mengenai kata-kata yang tepat terus berlanjut, kata sumber.


Pejabat WTO telah mempertahankan sepanjang pertemuan keyakinan bahwa kesepakatan dapat dicapai, mengatakan pembicaraan sering terlihat putus asa sampai kesepakatan akhir tercapai. Pengamat menyatakan frustrasi dengan proses tersebut.


 

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi