Jumat, 19/04/2024 - 13:49 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ASIAINTERNASIONAL

Malaysia Semai Awan, Turunkan Hujan Buatan di Bendungan

ADVERTISEMENTS

Malaysia melakukan penyemaian awan atau hujan buatan di Bendungan Bukit Merah.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

JAKARTA — Kementerian Pertanian dan Industri Makanan (MAFI) Malaysia melakukan penyemaian awan atau hujan buatan di Bendungan Bukit Merah, Negara Bagian Perak, yang ketinggian airnya mencapai level kritis sejak 27 Mei lalu.Penyemaian awan tersebut melibatkan tiga staf Departemen Meteorologi Malaysia (MetMalaysia) dan 11 anggota Angkatan Udara Kerajaan Malaysia (RMAF) pada Sabtu (18/6/2022).

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah


Lokasi penyemaian ada di dua Kawasan Pengembangan Pertanian Terpadu (IADA) yang luasnya lebih dari 20 ribu hektare.”Operasi ini dilakukan di IADA di distrik Kerian seluas 19 ribu hektare, sedangkan penyemaian awan di area IADA di Penang mencapai luas 1.267 hektare,” kata Wakil Menteri Pertanian dan Industri Makanan Malaysia Ahmad Hamzah dalam konferensi pers di pangkalan RMAF seperti dikutip Bernama (18/6/2022).

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Pembebasan Sandera jadi Topik Utama Pertemuan Menhan AS-Israel Pekan Ini


Hujan buatan diyakini akan memberi manfaat kepada 8.869 petani padi di wilayah Kerian tersebut, bukan hanya untuk meningkatkan ketinggian air di bendungan tetapi juga untuk memulihkan sistem irigasi untuk keperluan rumah tangga, industri dan pertanian, ujar Ahmad.


Wakil Direktur Jenderal Operasi MetMalaysia Lim Ze Hui mengatakan, penyemaian dilakukan dengan menggunakan 800 kg garam yang dilarutkan dengan 4.800 liter air dalam empat tangki air, kemudian disemprotkan ke awan dengan menggunakan pesawat Hercules C130.

Berita Lainnya:
AS Wanti-wanti Israel Nasib Warga Sipil di Rafah


Untuk setiap semprotan ke awan yang sesuai, dibutuhkan 30 menit untuk turun hujan, katanya. Menurut analisis, Sabtu ini kondisi cuaca bagus sehingga peluang keberhasilannya tinggi. Ketinggian air di Bendungan Bukit Merah mencapai 8,25 meter, kurang 0,45 meter dari ketinggian normal yang seharusnya 8,70 meter. Status bendungan itu berada pada level satu.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil


sumber : Antara

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi