Kamis, 25/04/2024 - 01:55 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Survei SMRC: Pemilih Nasdem Cenderung ke Ganjar Ketimbang Anies

ADVERTISEMENTS

Pemilih Nasdem yang memilih Ganjar 41 persen, sedang Anies 31 persen.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

JAKARTA —  Survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) menyebut pemilih Partai Nasdem cenderung memilih Ganjar Pranowo dibanding Anies Baswedan.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA


Partai Nasional Demokrat (Nasdem) telah memutuskan tiga nama calon presiden (capres) yang salah satunya akan diusung pada Pilpres 2024 mendatang. Temuan survei SMRC mengerucutkan menjadi dua nama berdasarkan kemungkinan massa Nasdem akan memilih capres dari tiga nama tersebut.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah


Pendiri SMRC, Saiful Mujani dalam survei terbarunya episode ‘Pemilih Nasdem Dukung Anies atau Ganjar?’, menyebutkan pendukung Nasdem lebih memilih Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan jika pemilihan presiden (pilpres) dilakukan sekarang.

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Jokowi Bagikan Sembako di Depan Istana, Heru: Rutin Dari 2014


“Hasil survei menunjukkan bahwa pemilih Nasdem di 2019 yang akan memilih Ganjar jika pilpres diadakan sekarang sebanyak 41 persen, yang akan memilih Anies 31 persen, Prabowo 12 persen,” ungkapnya dalam keterangan tertulis, Ahad (19/4/2022).

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil


Menurut Saiful, data ini cukup koheren atau konsisten dengan opini yang dibangun oleh elit Nasdem dalam rapat kerja nasional (Rakernas) baru-baru ini. Walaupun urutan perolehan dukungannya berbeda, menurut dia, dua besar yang didukung oleh elit dan massa pemilih Nasdem cukup konsisten.


“Secara umum, aspirasi yang dikembangkan oleh DPW Nasdem cukup konsisten dengan pemilih Nasdem sendiri. Artinya Nasdem mendengarkan apa kata pemilih mereka sendiri,” kata Saiful.

Berita Lainnya:
Menko Polhukam: Hargai Semua Proses Politik yang Ada


Data ini, kata Saiful, menarik karena Ganjar adalah kader partai besar PDIP. Di media, Ganjar menyatakan bahwa dia adalah kader PDIP. Ini menunjukkan Nasdem cukup terbuka terhadap berbagai aspirasi yang berkembang dalam masyarakat.


Alasan mengapa Nasdem cukup terbuka terhadap nama-nama yang berkembang di masyarakat, menurutnya, karena tokoh utama Nasdem sendiri tidak akan mencalonkan diri. “Nasdem mungkin bisa mengklaim, silakan Nasdem digunakan sebagai kendaraan untuk menyampaikan aspirasi dan kepentingan politik masyarakat secara luas,” kata Saiful.


Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi