Sabtu, 20/04/2024 - 08:46 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

AMERIKAINTERNASIONAL

Mantan Gerilyawan Menangkan Pemilihan Presiden Kolombia

ADVERTISEMENTS

Gustavo Petro menjanjikan perubahan ekonomi sosial.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

 BOGOTA — Mantan gerilyawan Gustavo Petro memenangkan pemilihan presiden. Bekas pemberontak itu menjanjikan perubahan ekonomi sosial. Kemenangannya pada Ahad (19/6/2022) waktu setempat menjadi Petro sebagai presiden dari sayap kiri pertama Kolombia.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah


Petro meraih 50,4 persen suara, sedikit lebih banyak dari lawannya dari lawannya pengusaha Rodolfo Hernandez yang mendapatkan 47,3 persen suara.  

ADVERTISEMENTS


“Mulai hari ini Kolombia berubah, perubahan nyata yang memandu kami ke satu tujuan: politik cinta, saling memahami dan dialog,” kata Petro dalam pidato kemenangannya di Bogota, seperti dikutip Aljazirah.


Kemenangan Petro yang juga seorang mantan senator dan walikota Bogota ini menandai perubahan drastis perpolitikan presiden negara yang lama memarjinalkan sayap kiri karena asosiasinya dengan konflik bersenjata. Petro sendiri pernah menjadi pemberontak.

Berita Lainnya:
Israel Akui Sebagian Besar Hamas Yang Dibunuhnya Ternyata Warga Sipil


Ia sempat bergabung dalam gerakan M-19 yang kini sudah bubar dan mendapatkan pengampunan setelah dipenjara karena keterlibatannya dengan kelompok itu. Dalam pidatonya Petro yang berusia 62 tahun mengajak masyarakat Kolombia untuk bersatu.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil


Ia mengatakan semua anggota dari partai oposisi akan disambut di istana kepresidenan. “Untuk membahas masalah-masalah Kolombia,” katanya.


“Mulai saat ini pemerintah akan tidak akan pernah ada lagi persekusi politik atau hukum, hanya akan ada saling menghargai dan dialog,” tambahnya.


Ia mengatakan akan mendengarkan tidak hanya mereka yang mengangkat tangan. Tapi juga “mayoritas bungkam petani, suku pribumi, dan perempuan muda.”

Berita Lainnya:
China Jelaskan Sikap "Abstain" untuk Awasi Korut


Presiden Ivan Duque dari sayap konservatif memberi ucapan selamat pada Petro setelah kemenangannya diumumkan. Hernandez juga segera mengakui kekalahannya.


“Saya menerima hasilnya, seperti yang seharusnya, kami ingin institusi kami kokoh, saya sangat berharap keputusan ini bermanfaat bagi semua orang.” kata Hernandez.


Kemenangan Petro dirayakan di Bogota, salah satu pendukungnya Alejandro Ferrero menangis.


“Akhirnya terima kasih tuhan, saya tahu dia akan menjadi presiden yang baik dan ia akan membantu kami yang paling kurang beruntung, ini akan mengarah pada perubahan yang lebih baik,” kata Ferrero pada kantor berita Reuters


 


sumber : Reuters

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi