Rabu, 24/04/2024 - 09:16 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ACEH

4 Suplemen Ini Bisa Sebabkan Aritmia Jantung

ADVERTISEMENTS

Ada empat suplemen yang dapat menyebabkan aritmia jantung.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

JAKARTA — Multivitamin digunakan oleh jutaan orang untuk membantu mencegah kekurangan nutrisi dalam tubuh. Namun, ada empat supleman untuk meningkatkan kinerja atletik dan mental yang justru dikaitkan dengan perkembangan aritmia jantung.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Aritmia jantung adalah kelainan pada jantung yang terjadi ketika sinyal listrik terganggu. Ini dapat menyebabkan organ berdetak terlalu lambat, terlalu cepat, atau tidak teratur. Meskipun anomali itu tidak berbahaya, tapi kasus yang parah dapat menyebabkan kematian.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Gejala aritmia adalah jantung berdebar, merasa pusing, pingsan, dan sesak napas. Akan tetapi, tanda-tanda ini tidak selalu menandakan kelainan pada jantung.

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Banda Aceh Sukses Pertahankan Juara Umum Musabaqah Tunas Ramadan


Yang berisiko paling tinggi dari kondisi tersebut ialah orang-orang berusia 60 tahun atau lebih, karena keausan jantung. Masalah kesehatan lainnya, termasuk asupan alkohol yang berlebihan, penyakit tiroid, dan tekanan darah tinggi juga dapat menyebabkan kelainan pada detak jantung.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Menurut Healthline, orang juga harus menghindari suplemen yang dapat menyebabkan aritmia. Badan kesehatan telah mencantumkan cola nut, guarana, ephedra, dan kreatin sebagai empat penyebab aritma jantung.

1. Cola nut

Cola nut adalah benih tanaman cola yang mengandung kafein. Kafein bekerja dengan cara merangsang sistem saraf pusat, jantung, dan otot, yang berguna untuk mengalahkan rasa lelah dan depresi. Kegunaan umum untuk cola nut termasuk pengobatan diare, penurunan berat badan, migrain, dan sakit kepala.

Berita Lainnya:
Realisasi Belanja APBN di Aceh hingga Februari 2024 Capai Rp6,02 Triliun

2. Guarana

Guarana, yang berasal dari Amazon, juga mengandung sejumlah besar kafein. Terkadang, guarana digunakan dalam minuman energi. Menurut WebMD, suplemen ini dapat menjadi tidak aman jika dikonsumsi dalam jumlah besar, karena juga merangsang sistem saraf dan jantung.

“Guarana juga mengandung teofilin dan teobromin, yang merupakan bahan kimia yang mirip dengan kafein,” menurut WebMD, dilansir Express.co.uk, Senin (20/6/2022).

Suplemen ini kadang-kadang diminum untuk mencoba membantu mengalahkan obesitas. Suplemen guarana juga dipakai untuk meningkatkan kinerja atletik dan mental.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi