Jumat, 26/04/2024 - 00:41 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ASIAINTERNASIONAL

Presiden Yoon: Impian Korsel akan Meluas ke Luar Angkasa

ADVERTISEMENTS

Korea Selatan uji coba peluncuran kedua Nuri, roket dalam negeri pertama

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

SEOUL – Presiden Korea Selatan (Korsel) Yoon Suk Yeol menyaksikan peluncuran roket Nuri dari kantornya, Selasa (21/6/2022). Ia berterima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam uji coba peluncuran kedua Nuri, roket dalam negeri pertama Korea Selatan (Korsel).

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Ia pun bersumpah menepati janji pemilihannya untuk membuat badan baru yang bertanggung jawab atas urusan luar angkasa. “Sekarang jalan menuju ruang angkasa dari tanah kami telah dibuka,” kata Yoon.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

“Itu adalah produk dari 30 tahun tantangan yang menegangkan. Mulai sekarang, impian dan harapan orang-orang kita dan pemuda kita akan meluas ke luar angkasa,” imbuhnya.

ADVERTISEMENTS

Roket Nuri KSLV-II tiga tahap yang dirancang oleh Korea Aerospace Research Institute (KARI) adalah landasan ambisius Korsel untuk jaringan 6G, satelit pengintai, dan bahkan kapsul bulan. Nuri berhasil menempatkan muatan 1,5 ton ke orbit 600 hingga 800 kim di atas Bumi.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil
Berita Lainnya:
Kanselir Jerman Minta Israel tidak Lakukan Serangan Balasan ke Iran

Sebuah satelit seberat 162,5 kg yang dirancang untuk memverifikasi kinerja roket berhasil melakukan kontak dengan stasiun pangkalan di Antartika setelah memasuki orbit. Roket itu juga berhasil menempatkan satelit dummy seberat 1,3 ton dan empat satelit kubus kecil yang dikembangkan oleh universitas untuk penelitian, ke orbit.

“Langit alam semesta Korea sekarang terbuka lebar,” kata Menteri Sains dan ICT Lee Jong-ho dalam sebuah pengarahan media. “Ilmu pengetahuan dan teknologi kami telah membuat langkah besar.”

Nuri hanya menggunakan teknologi roket Korea, dan merupakan kendaraan peluncuran luar angkasa pertama yang dibangun di dalam negeri di negara itu. Roket terakhir Korsel, diluncurkan pada 2013 setelah beberapa penundaan dan beberapa tes gagal yang dikembangkan bersama dengan Rusia.

KARI telah mengatakan pihaknya merencanakan setidaknya empat peluncuran uji lagi pada 2027. Nuri adalah kunci dari rencana Korsel untuk akhirnya membangun sistem navigasi berbasis satelit Korea dan jaringan komunikasi 6G. Negara ini juga berencana untuk meluncurkan berbagai satelit militer, tetapi para pejabat menyangkal bahwa Nuri memiliki kegunaan sebagai senjata.

Berita Lainnya:
Spanyol Siapkan Dana Kompensasi Korban Pelecehan Seksual Gereja 

Korsel juga bekerja sama dengan Amerika Serikat pada pengorbit bulan, dan berharap untuk mendaratkan wahana di bulan pada tahun 2030. Setelah peluncuran yang sukses pada Selasa, Kedutaan Besar AS di Seoul mengatakan di Twitter bahwa mereka menantikan kerja sama AS-Korsel di luar angkasa.

Peluncuran luar angkasa telah lama menjadi isu sensitif di semenanjung Korea, di mana Korea Utara menghadapi sanksi atas program rudal balistik bersenjata nuklirnya. Pada Maret, militer Korsel secara terpisah mengawasi apa yang dikatakannya sebagai peluncuran roket luar angkasa berbahan bakar padat pertama yang berhasil, bagian lain dari rencananya untuk meluncurkan satelit pengintai.


sumber : Reuters

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi