Selasa, 16/04/2024 - 11:09 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ACEH

Aktivitas Fisik Harian Anak Indonesia Masih Rendah, Apa Sebab?

ADVERTISEMENTS

Aktivitas fisik masih identik dengan olahraga intensitas berat dan kompetisi.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

JAKARTA — Aktivitas fisik harian pada anak usia sekolah di Indonesia masih banyak yang belum mencapai tingkat kecukupan sedang yang direkomendasikan. Merujuk pada penelitian terbaru dari South East Asian Nutrition Surveys kedua (SEANUTS II) sebanyak 47,8 persen anak laki-laki berusia 7-9,9 tahun memiliki aktivitas fisik rendah dan 75,4 persen anak perempuan dengan tingkat usia sama memiliki aktivitas fisik rendah.

ADVERTISEMENTS

Peneliti SEANUTS II Dr Listya Tresnanti Mirtha mengatakan bahwa problem ini bermuara dari pola pikir yang salah terkait aktivitas fisik. Menurut dia, selama ini mayoritas orang Indonesia hanya mengenal istilah olahraga, yang identik dengan intensitas berat, memiliki norma aturan, serta sifatnya kompetisi.

ADVERTISEMENTS
Promo Takjil Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Pakar Gizi Sarankan Masyarakat Seimbangkan Konsumsi Opor Dengan Serat

“Makanya kalau kita denger olahraga pasti keluarnya negatif. Nggak salah, karena dari TK sampai SMA pelajarannya yang ada olahraga, nggak ada pelajaran aktivitas fisik, sementara olahraga di sekolah identiknya apa? Lari muter lapangan, panas, sehingga mindset itulah yang terbentuk dan menjadi ketakutan seseorang untuk bergerak aktif,” kata Dr Listya di Jakarta, Selasa (21/6/2022).

ADVERTISEMENTS
Promo Pembiayaan Ramadhan Ekstra Bank Aceh Syariah

Padahal, tidak hanya olahraga yang bisa dilakukan untuk mencapai titik bugar. Seseorang juga bisa melakukan aktivitas fisik dan latihan fisik. Dr Listya menjelaskan, aktivitas fisik itu artinya seluruh gerakan kontraksi dari otot rangka yang mengeluarkan energi expenditure, yakni pengeluargan energi total individu berasal dari tiga komponen, yaitu metabolisme basal, efek konsumsi makanan, dan aktivitas fisik.

Berita Lainnya:
Tips Sehat Konsumsi Hidangan Lebaran, Jangan Panaskan Makanan Bersantan Berulang-ulang

“Mau duduk, mau berdiri, mau jalan, lari, itu semua aktivitas fisik, cuma energi antara tidur dan duduk gedean duduk, antara berdiri sama duduk gedean berdiri, bagaimana kita mengupayakan supaya energi expenditure lebih gede,” kata Dr Listya.

ADVERTISEMENTS
Ramadhan Berbagi Bersama Bank Aceh Syariah

Sementara latihan fisik adalah bagian dari aktivitas fisik yang dilakukan secara teratur. Misalnya seorang anak mengikuti klub basket yang membuatnya rutin beraktivitas fisik selama dua kali dalam sepekan.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses Pelantikan dan Setijab Mayjen TNI Niko Fahrizal

ADVERTISEMENTS
Semarak Ramadhan 1445 H bersama Bank Aceh Syariah, Diskon Belanja 50%

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
Bank Aceh - Telkomsel, Beli Paket Data mulai dari 110K OMG melalui Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Periode 11 Maret - 11 April 2024
AADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi