Sabtu, 20/04/2024 - 01:49 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EROPAINTERNASIONAL

Macron Akan Bertanya Kejelasan Posisi Turki

ADVERTISEMENTS

Posisi Turki akan ditanya Macron.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

PARIS — Kantor Kepresidenan Prancis mengatakan Presiden Emmanuel Macron memberitahu Sekretaris Jenderal Organisasi Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) Jens Stoltenberg, ia ingin bertanya pada Turki tentang kejelasan posisinya. Elysee tidak menjelaskan pernyataan itu lebih lanjut.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah


Pada Selasa (21/6/2022) kantor kepresidenan Prancis juga mengatakan Macron menegaskan kembali dukungannya pada Swedia dan Finlandia untuk bergabung dengan NATO. Langkah yang didorong invasi Rusia ke Ukraina pada bulan Februari lalu.

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Paus Fransiskus Minta Pemimpin Rundingkan Jalan Damai Ukraina-Gaza


Pekan lalu Stoltenberg mengatakan kekhawatiran Turki dalam isu keamanan bila Finlandia dan Swedia bergabung NATO sah. Hal ini ia sampaikan dalam kunjungannya ke Finlandia.


“Ini kekhawatiran yang sah. Ini tentang terorisme, ini tentang ekspor senjata,” kata Stoltenberg dalam konferensi pers bersama Presiden Finlandia Sauli Niinisto, Ahad (12/6/2022).  


Bulan lalu Swedia dan Finlandia mendaftar untuk bergabung dengan NATO sebagai respon invasi Rusia ke Ukraina. Tapi Turki menolaknya karena menurut Ankara dua negara itu mendukung dan menampung milisi Kurdi dan kelompok lain yang Turki anggap sebagai teroris.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil
Berita Lainnya:
Menhan Rusia dan Prancis Bahas Ukraina Lewat Sambungan Telepon


Stoltenberg mengatakan Turki merupakan sekutu penting aliansi pertahanan Barat karena lokasinya strategis di Laut Hitam antara Eropa dan Timur Tengah. Turki juga mendukung Ukraina sejak Rusia mengerahkan pasukannya ke negara tetangganya itu pada 24 Februari lalu.


“Kami harus ingat dan memahami tidak ada sekutu NATO yang lebih menderita karena serangan teroris dibandingkan Turki,” kata Stoltenberg.  


sumber : Reuters

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi