Selasa, 23/04/2024 - 16:31 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ACEH

Menu Awal MPASI, Dokter: Jangan Paksa Bayi Makan Serat

ADVERTISEMENTS

Dokter menganjurkan serat sebatas diperkenalkan pada bayi yang baru memulai MPASI.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

JAKARTA — Masih banyak orang tua yang menganggap penting memberikan menu awal makanan pendamping air susu ibu (MPASI) yang kaya serat, termasuk dari buah dan sayur. Padahal, di awal pengenalan makan, setidaknya sampai usia dua tahun, serat hanya boleh diperkenalkan, bukan kewajiban.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Dr Harun Albar SpA mengatakan, dahulu serat mungkin lebih digaungkan, namun sekarang ditemukan itu justru kontraproduktif dengan penyerapan asupan penting. Pada usia enam bulan ke atas, protein hewani lebih dianjurkan bagi tumbuh kembang anak.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
17 Ribu Lebih Wisatawan Berkunjung ke Sabang saat Libur Lebaran

“Ilmu pengetahuan itu terus berkembang. Kalau dulu serat digaungkan, sekarang kontraproduktif sama mineral karena 1.000 hari pertama kehidupan anak itu fokus ke otak, sebisa mungkin asupan masuk semua ke otak, jadi jangan paksa makan serat,” kata dr Harun dalam konferensi pers di Jakarta, dikutip Rabu (22/6/2022).

ADVERTISEMENTS

Dr Harun juga mengingatkan orang tua agar menekan risiko anak terkena infeksi. Sebab, saat tubuh anak harus melawan infeksi, maka asupan yang seharusnya diperuntukan bagi pertumbuhan malah dipakai melawan infeksi.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Serat juga bisa menghambat penyerapan kalsium, fosfor, dan seng dalam tubuh anak. Menurut penelitian, DNA manusia juga terdiri dari sebagian besar protein hewani maka penyerapan sumber hewani ini jauh lebih cepat dari nabati.

Berita Lainnya:
Launching Kampung Bebas Narkoba di Lheu Blang, Pj Bupati Aceh Besar: Program Sangat Mulia

Mengonsumsi protein hewani dan nabati dalam waktu bersamaan boleh saja. Namun, mana yang lebih bagus? Penelitian terakhir menunjukan protein hewani lebih bagus untuk masa pertumbuhan. Tingkat penyerapannya mencapai 20 kali lipat oleh tubuh dibandingkan protein dari sumber tumbuhan.

“Karena dari struktur animal kingdom, biologi manusia lebih mirip dengan hewan dibanding tanaman. Misalnya telur dan jamur dikonsumsi bersamaan, hewani diserap 20 kali lipat besoknya sudah jadi kalori, sedangkan jamur masih terkatung-katung sampai dua hari baru dicerna,” kata dr Harun.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi